NUSANTARA

Polisi Tangkap Perakit Bom di Taman Banjarsari

Polresta Surakarta, Jawa Tengah, menangkap dua orang yang diduga sebagai pelaku perakit bom di Taman Kota Banjarsari. Kapolresta Surakarta, Iriansyah mengatakan, para pelaku tertangkap petugas ketika sedang meramu berbagai bahan kimia pembuat bom rakitan

AUTHOR / Yudha Satriawan

Polisi Tangkap Perakit Bom di Taman Banjarsari
Perakit Bom, Taman Banjarsari

KBR68H, Surakarta - Polresta Surakarta, Jawa Tengah, menangkap dua orang yang diduga sebagai pelaku perakit bom di Taman Kota Banjarsari.

Kapolresta Surakarta, Iriansyah mengatakan, para pelaku tertangkap petugas ketika sedang meramu berbagai bahan kimia pembuat bom rakitan.

Kata dia, dua orang pelaku tersebut masih diperiksa untuk mendalami jaringan terorisme.

“Kita kan polisi, mereka bilang sedang masak mie instan, kita periksa tas dua orang tersebut dan kita dapati dan temukan berbagai bahan kimia dan sebuah senjata angin laras pendek, hasil pemeriksaan tim kami dan labfor menyebutkan bahwa unsur-unsur bahan kimia yang kami temukan pada dua orang itu sudah memenuhi unsur bahan peledak. Ada detonator, sumbu, pemantik, dan bahan kimianya. Jadi kesimpulan tim kami menunjukkan bahwa berbagai bahan kimia tersbut memang bisa dirakit untuk pembuatan bom atau bahan peledak,” ujar Iriansyah di Surakarta, Kamis (7/11).

Berbagai barang bukti yang disita dari pelaku tersebut antara lain pupuk urea, arang, korek api, cairan alkohol, sumbu, gotri, kardus berbentuk pipa, panci berisi campuran serbuk berbagai bahan kimia, dan sebagainya. Polisi juga menyita sebuah senjata laras pendek dan ratusan peluru.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!