NUSANTARA

Pilkada Jombang, Ini Alasan PDIP Usung Calon Petahana

"Perlu diberi kesempatan lagi di 2024-2029 untuk menyelesaikan PR yang belum selesai,"

AUTHOR / Muji Lestari

EDITOR / Rony Sitanggang

Calon petahana Pilkada Jombang
Dukung Cabup dan Cawabup petahana, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jombang, Donny Anggun saat konferensi pers, Rabu (31/7/24). (KBR/Muji Lestari).

KBR, Jombang-  PDI Perjuangan resmi mengusung pasangan Mundjidah Wahab-Sumrambah dalam kontestasi Pilkada Jombang, Jawa Timur. Keduanya merupakan Bupati dan Wakil Bupati 2018-2023.

Tiket yang diberikan partai berlambang banteng ini merupakan yang pertama dalam Pilkada 2024 di Kota Santri.  Penyerahan ini berlangsung di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang beralamat di Surabaya, Selasa (30/7/2024).

Sekretaris DPC PDIP Jombang, Donny Anggun mengatakan rekom diberikan DPP PDI Perjuangan dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya melihat pengalaman di pilkada sebelumnya hingga basis massa yang dimiliki pasangan.

"Kami melihatnya kalau pertimbangan DPP PDI Perjuangan saya sampaikan mungkin DPP melihat dari tingkat elektoralnya, keterpilihannya sebelumnya,basis masanya masing-masing, jelas basis massanya begitu, terus cara pandangan DPC begitu, saya melihat ini masih banyak PR-PR yang harus diselesaikan oleh beliau berdua. Jadi kemarin belum maksimal perlu diberi kesempatan lagi di 2024-2029 untuk menyelesaikan PR yang belum selesai," kata Donny, saat konferensi pers di Kantor DPC PDI Perjuangan Jombang, Rabu (31/7/2024).

Donny mengakui jika rekomendasi ini tidak berbanding lurus dengan hasil Pemilu 2024. Apalagi, PDI Perjuangan menjadi partai pemenang nomor dua setelah PKB di Kota Santri dengan perolehan kursi jauh lebih banyak dari PPP.

"Saya pikir persoalan pemilu kemarin itu kadang pemilu kan ndak bisa berbanding lurus dengan pilkada. Kita melihat pengalaman-pengalaman sebelum jika partai pemenang pemilu tapi ketika pilkada kan ndak sesuai dengan hasil pemilunya," ungkapnya.

Donny bilang, jika hal ini tidak menjadi persoalan. Pihaknya pun siap bergotong royong memenangkan pasangan Mundjidah Wahab - Sumrambah. Selanjutnya, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi internal sampai ke tingkat bawah.

"Kami tidak masalah, kemarin PDI Perjuangan memperoleh 10 kursi, PPP mendapat 4 kursi, kemarin PPP juga mendapat tambahan dari Demokrat 6 kursi juga, jadi ndak ada persoalan," tegasnya.

Baca juga:

Sejauh ini rekomendasi PPP sendiri belum turun. Namun Donny optimistis tak lama lagi rekom partai berlambang Kabah itu segera menyusul sehingga pembentukan tim pemenangan dan tugas bisa segera dibagi.

"Karena rekomnya baru turun kemarin PDI Perjuangan, saya belum tahu PPP apakah rekomnya sudah turun apa belum. Tapi kalau PDI Perjuangan kan sudah 10 kursi, artinya sudah cukup mengusung Bu Mun dan Mas Rambah mendaftar," pungkasnya.

Mundjidah Wahab merupakan Ketua DPW PPP Jawa Timur yang juga Ketua Cabang Muslimat NU Kabupaten Jombang. Munjidah juga merupakan putri pendiri NU, KH Wahab Chasbullah atau mbah Wahab. Sementara Sumrambah adalah kader internal PDI Perjuangan.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!