NUSANTARA

Pemerintah Pastikan Tanggul Raksasa di Jakarta Dibangun Tahun Depan

Pembangunan proyek tanggul raksasa di Jakarta akan dimulai tahun depan.

AUTHOR / Eli Kamilah

Pemerintah Pastikan Tanggul Raksasa di Jakarta Dibangun Tahun Depan
tanggul raksasa, banjir, jakarta

KBR68H, Jakarta - Pembangunan proyek tanggul raksasa di Jakarta akan dimulai tahun depan. Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, sudah menyetujui usulan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, untuk mempercepat pelaksanaan proyek tersebut, yang diagendakan bisa rampung sebelum 2020. Hatta mengaku sudah membentuk tim yang berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Pekerjaan Umum untuk pengerjaannya.

“Kita sudah minta tim kita minta bekerja dalam satu minggu ini, untuk mempercepat. Tahapan pertama Ground Breaking bisa dilaksanakan 2014, dimana sebagian dana dari APBN yang sudah ada, harus kita sediakan lagi di 2014. Kedua, tahapan pembangunan berikutnya kita menginginkan projek ini lebih mengedepankan swasta atau PPP program-program tersebut.”Kata Hatta di Kantor Menko perekonomian, hari ini.

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa berharap Pemprov DKI Jakarta bisa mendorong keterlibatan swasta dalam pendaan proyek tersebut. Tanggul raksasa merupakan ide yang dicetuskan oleh bekas gubernur DKI Fauzi Bowo untuk mengatasi banjir, terutama di wilayah utara. Tanggul raksasa tersebut diperkirakan mampu melindungi ibukota dari banjir. Rencananya, pembangunan tanggul akan dilakukan mulai dari kawasan Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!