NUSANTARA

Ludes Terjual, Tiket KA Arus Balik Lebaran dari Yogyakarta

"Tiket arus balik Lebaran untuk tanggal keberangkatan 13 hingga 15 April 2024 dari seluruh stasiun tugas Daop 6 Yogyakarta sudah ludes terjual."

Ken Fitriani

Ludes Terjual, Tiket KA Arus Balik Lebaran dari Yogyakarta
Ilustrasi. Suasana Stasiun Yogyakarta yang dipadati penumpang saat liburan Tahun Baru Imlek 2024. (Foto: KBR/Ken)

KBR, Yogyakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mengumumkan tiket arus balik Lebaran untuk tanggal keberangkatan 13 hingga 15 April 2024 dari seluruh stasiun tugas Daop 6 Yogyakarta sudah ludes terjual.

Tanggal 13 hingga 15 April diperkirakan menjadi puncak arus balik lebaran 2024.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan tiket arus balik Lebaran dari Yogyakarta ke berbagai tujuan sudah ludes terjual sejak akhir pekan ini.

"Terutama tiket balik tanggal 13, 14 dan 15 April itu sudah habis atau terjual 100 persen. Belum ada rencana penambahan tiket keberangatan pada masa tersebut," kata Krisbiyantoro dalam rilis yang diterima KBR, Senin (25/3/2024).

Kris mengatakan berdasarkan data Daop 6 Yogyakarta pada Minggu (24/3/2024) kemarin, tiket angkutan Lebaran periode 31 Maret hingga 21 April 2024 telah terjual sebanyak 56 persen dari total 368.074 kursi yang disediakan.

"Jumlah kursi itu sudah termasuk KA tambahan, yakni KA Taksaka sebanyak dua kereta, KA Lodaya dua kereta dan KA Manahan satu kereta," ujarnya.

Baca juga:

PT KAI memprediksi puncak arus mudik pada H-4 tanggal 6 April penumpang yang turun di wilayah Daop 6 Yogyakarta sejumlah 15.352 penumpang.

Sedangkan, puncak arus balik penumpang kereta api terjadi pada H+3 tanggal 14 April sebanyak 17.692 penumpang.

"Pada hari Lebaran kedua juga masih banyak penumpang yang turun, hampir berimbang dengan prediksi puncak arus mudik yaitu sejumlah 15.089 penumpang," ujarnya.

Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api pada periode Angkutan Lebaran ini, Daop 6 dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan melaksanakan ramp check atau inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) baik sarana perkeretaapian maupun stasiun menggunakan Kereta Api Inspeksi.

Di samping itu, Daop 6 Yogyakarta juga menempatkan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit, dan crane pada titik yang ditentukan.

"Kami meningkatkan pengawasan terhadap faktor keselamatan di internal serta memastikan nilai-nilai keselamatan benar-benar dijalankan melalui beberapa langkah keselamatan," pungkas Kris.

Editor: Agus Luqman

  • Lebaran 2024
  • Lebaran
  • Idulfitri 2024
  • mudik 2024
  • Arus Mudik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!