NUSANTARA

Libur Nataru, Penumpang KA Bandara YIA Diperkirakan Melonjak Hingga 107 Ribu

KA Bandara Yogyakarta International Airport akan menambah jumlah perjalanan KA Express Bandara, dari sebelumnya 30 menjadi 42 perjalanan KA.

AUTHOR / Ken Fitriani

Libur Nataru, Penumpang KA Bandara YIA Diperkirakan Melonjak Hingga 107 Ribu
Rangkaian KA Bandara YIA. (Foto: Humas KA Bandara YIA)

KBR, Yogyakarta - Dalam rangka mempersiapkan lonjakan penumpang di masa liburan Natal dan tahun baru, Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) akan mendirikan posko pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

VP Sekretaris Perusahaan PT Railink KAI Bandara, Supriyanto mengatakan, posko tersebut berfungsi untuk mengantisipasi jumlah lonjakan penumpang.

Diperkirakan jumlah penumpang yang menggunakan layanan KA Bandara YIA selama Nataru melonjak hingga 107.753 penumpang. KA Bandara juga akan menambah 12 jumlah perjalanan KA Express Bandara.

"Kita ada penambahan 12 perjalanan KA Express, sehingga dari kemarin 30 perjalanan KA Bandara YIA untuk liburan Natal tahun baru kali ini meningkat jadi 42 perjalanan KA, " kata Supriyanto, di Stasiun Yogyakarta, Kamis (14/12/2023).

Penambahan rute ini, kata Supriyanto, dikarenakan sudah berlalunya masa pandemi Covid-19 dan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap moda angkutan darat, khususnya dari Stasiun Yogyakarta ke Bandara YIA.

"Kami melihat ini (perjalanan KA Bandara) selalu penuh. Makanya per 1 April kemarin menambah perjalanan YIA Express dari Stasiun Yogyakarta ke Bandara YIA. Kira-kira peningkatan penumpang tahun ini sekitar 25 persen dibanding tahun lalu," kata Supriyanto.

Baca juga:

Untuk mengantisipasi gangguan selama perjalanan di masa libur Nataru ini, KA Bandara YIA terus berkoordinasi dengan KAI Daop 6 Yogyakarta terkait perawatan, peningkatan prasarana maupun sarana khususnya di Stasiun Yogyakarta sampai Bandara YIA.

"Perawatan KA Bandara YIA juga sudah kita lakukan jauh-jauh hari dan terus kita lakukan karena kita ada perawatan harian juga," imbuhnya.

Supriyanto mengimbau kepada masyarakat yang akan meneruskan perjalanan dari KA Bandara menuju pesawat untuk mengantisipasi agar tidak datang terlalu mepet dengan waktu penerbangan.

"Di tiket sudah muncul paling tidak minimal 3 jam sebelum keberangkatan," paparnya.

Terkait adanya lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat, Supriyanto mengatakan hingga sast ini belum ada kebijakan atau surat edaran dari Kementrian Perhubungan, termasuk kebijakan wajib menggunakan masker yang telah diterapkan di Bandara Soekarno Hatta.

"Sampai sekarang belum informasi terkait itu. Tapi kami terus ingatkan masyarakat untuk mengantisipasi dirinya sendiri," katanya.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!