NUSANTARA

Libur Nataru, KAI Commuter Tambah Rute Perjalanan di Yogyakarta

KAI Commuter, operator KRL Yogyakarta-Solo bakal menambah rute perjalanan di momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

AUTHOR / Ken Fitriani

Libur Nataru
Calon penumpang di gate KRL Yogyakarta-Solo di Stasiun Yogyakarta, Sabtu (23/12/2023). (Foto: KBR/Ken Fitriani)

KBR, Yogyakarta - KAI Commuter sebagai operator KRL Yogyakarta-Solo bakal menambah rute perjalanan di momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penambahan ini dilakukan guna mengantisipasi peningkatan penumpang yang akan terjadi pada akhir tahun ini.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, pihaknya sudah memulai angkutan Nataru pada 21 Desember lalu dan berakhir pada 7 Januari 2024.

Dalam kurun waktu tersebut, pihaknya sudah melakukan rekayasa pola operasi sehingga relasi Yogyakarta-Solo dilayani dengan 30 rute perjalanan per hari.

"Kami saat ini di angkutan Natal dan Tahun Baru ini prediksinya, peaknya ini di angka 28 ribu sampai 30 ribu (penumpang). Itu kami prediksi terjadi di atas tanggal 26 dan sebelum tahun baru. Jadi kami menyiapkan 30 perjalanan untuk mengantisipasi hal tersebut," kata Anne Purba, di Stasiun Yogyakarta, Sabtu (23/12/2023).

Anne menyebut, ada penambahan 10 perjalanan pada hari kerja dan 6 perjalanan pada akhir pekan.

Berdasarkan rangkuman data, volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo, hingga Desember ini mencatat ada 6.081.734 pengguna dengan rata-rata di hari kerja sebesar 15.115 orang dan akhir pekan sebesar 21.849 orang.

Baca juga:


Diprediksi jumlah pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo pada musim Nataru tahun ini adalah 365 ribu atau 11 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya di angka 330 ribu orang.

"Kami juga sudah melakukan antisipasi dengan memisahkan pintu keluar masuk penumpang KRL di Yogyakarta, di sisi selatan sebelah timur. Harapannya, arus keluar masuk lebih lancar karena sudah berbeda dari penumpang KA jarak jauh dan KA Bandara," lanjut Anna.

Sebagai antisipasi adanya trouble pada kereta, Anne menambahkan, KAI Commuter sudah menyiagakan teknisi dan berkolaborasi dengan Daop 6 Yogyakarta yang menyiapkan kereta cadangan.

"Kami siapkan kereta cadangan untuk mengantisipasi ketika ada trouble. Namun harapannya karena semua sudah disiapkan maka tidak ada trouble," paparnya.

Untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo PP, KAI Commuter tetap mengoperasikan 8 perjalanan setiap harinya.

Jumlah volume pengguna Prameks sampai minggu ketiga Desember ini sudah diangka 43.763 dengan rata-rata pada hari kerja sebanyak 2.121 orang dan akhir pekan sebanyak 2.699 orang.

"Kami memprediksi mobilisasi pengguna pada Nataru tahun ini sebesar 50 ribu orang, atau naik 17 persen jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 42 ribu orang. Kami juga mengimbau pada penumpang yang sedang batuk, flu atau tidam enak badan untuk mengenakan masker selama dalam perjalanan," katanya.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!