NUSANTARA

Libatkan Ribuan Anak, Pemkot Solo Akan Gelar Pentas Seni

Kegiatan tersebut merupakan gabungan puncak perayaan Hari Anak Nasional dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

AUTHOR / Yudha Satriawan

EDITOR / R. Fadli

Peringatan Hari Anak Nasional
Presiden Jokowi saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional Ke-40 di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Selasa (23/07/2024). (Antara/Muhammad Adimaja)

KBR, Solo - Pemerintah Kota Solo berencana menggelar pentas seni dan budaya yang melibatkan ribuan anak, pertengahan Agustus ini.

Wali Kota Solo, Teguh Prakosa menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan gabungan puncak perayaan Hari Anak Nasional dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Menurut Teguh, nasionalisme pada anak harus ditanamkan sejak dini.

"Nanti tanggal 20 Agustus ini, sekitar 1.500-an anak di Solo, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA akan berkumpul di Taman Balaikambang yang sudah diresmikan Wakil Presiden pekan lalu. Anak-anak diberi ruang ekspresi di public space baru ini. Taman Balaikambang sudah ditutup selama dua tahun karena proyek renovasi. Pentas seni budaya ditonton sekian ribu anak ini akan mendongkrak rasa percaya diri sang anak. Kreasi mereka akan benar-benar dihargai. Tidak hanya komunitas tapi semua anak pelajar di Solo. Taman Balaikambang menjadi ikon ruang publik baru yang ramah anak di tengah keterbatasan lahan bermain," tutur Teguh kepada awak media termasuk KBR Media (6/8/2024).

Lebih lanjut Teguh menjelaskan, rangkaian kegiatan anak dan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dilebur menjadi satu. "Agar anak-anak bersyukur merasakan hidup dalam alam kemerdekaan," imbuhnya.

Menurut rencana, pentas seni dan budaya yang melibatkan ribuan anak itu akan menghadirkan juga beragam komunitas anak lintas iman, lintas suku dan budaya, forum anak kota Solo, konunitas remaja peduli cagar budaya, sanggar seni dan budaya anak nusantara, komunitas dolanan tradisional anak, dan masih banyak lagi.

Baca juga:

HAN 2024: KPAI Soroti Kekerasan Polisi, IDAI Ingatkan Bahaya Gawai

Hari Anak, Jokowi: Penurunan Stunting Tak Secepat Dulu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!