NUSANTARA

KPU Solo Siapkan Lokasi Alternatif di TPS Rawan Banjir

"Total ada 28 TPS rawan banjir, karena posisi lokasi di bantaran sungai,"

AUTHOR / Yudha Satriawan

KPU Solo siapkan lokasi alternatif TPS rawan banjir
Simulasi pemungutan suara di TPS 3 Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, Jateng, Selasa (26/12/23). (Antara/Maulana Surya)

KBR, Solo- Komisi Pemilihan Umun Daerah KPUD Solo menyiapkan skenario bagi tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di kawasan rawan bencana alam. Ketua kPUD Solo, Bambang Christanto mengatakan ada puluhan TPS yang masuk kategori rawan bencana banjir. 

Menurut Bambang, KPUD menyiapkan lokasi alternatif bagi puluhan TPS tersebut.

"Kita sudah siapkan skenario koordinasi dengan Bawaslu, kepolisian, PPK, PPS, kelurahan. Ada beberapa lokasi jadi alternatif kalau nanti terjadi intensitas hujan yang sangat tinggi sehingga terjadi genangan atau banjir, maka langkah antisipatifnya nanti akan segera dipindah. Total ada 28 TPS rawan banjir, karena posisi lokasi di bantaran sungai," ujar Bambang, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut Bambang menjelaskan potensi masih terjadi hujan di masa pemungutan suara mendatang sangat tinggi. Prediksi hujan deras mulai awal Desember mundur terjadi di awal tahun 2024, imbuh Bambang.

Data KPUD Solo, ada lebih dari 7 ribu pemilih yang terdaftar di 28 TPS rawan banjir itu.

Baca juga:

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Solo mewaspadai cuaca ekstrim jelang awal tahun 2024 hingga Pemilu 2024. BPBD menyebut potensi bencana di Solo antara lain banjir, gempa bumi, longsor, dan angin kencang.

BPBD memetakan daerah banjir di Solo ada sekitar 30 titik rawan yang tersebar di seluruh kecamatan. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!