NASIONAL

KPU DKI Jakarta Umumkan Proses Coklit Hampir Selesai

“Akan kami rekapitulasi menjadi daftar pemilih sementara yang akan kami lakukan secara berjenjang"

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Rony Sitanggang

Pilkada Jakarta
Ilustrasi: Mayor (Macan Kemayoran) maskot Pilkada Jakarta. (Antara)

KBR, Jakarta-  KPU Provinsi DKI Jakarta mengumumkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada DKI 2024 sudah hampir selesai. Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta, Fahmi Zikrillah mengatakan per hari ini proses coklit sudah berjalan 99,80 persen dari keseluruhan data pemilih yang pihaknya terima sebanyak 8.315.669. 

Proses coklit yang diakukan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) bakal berakhir 24 Juli mendatang.

“Jadi ada tiga kabupaten kota yang sudah menyelesaikan proses coklit, seperti di KPU Kota Jakarta Timur sudah 100 persen coklit, kemudian KPU Kepulauan Seribu juga sudah 100 persen dan di Jakarta Pusat, sisa tinggal Jakarta Barat dan Jakarta Utara dan Jakarta Selatan yang tinggal sedikit lagi untuk kemudian bisa menyelesaikan proses coklit sampai 24 Juli mendatang,” ucap Fahmi kepada media di Gedung KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusa, Senin (22/7/2024).

Setelah proses coklit selesai, maka KPU Jakarta akan melakukan rekapitulasi untuk nantinya menjadi daftar pemilih sementara.

“Akan kami rekapitulasi menjadi daftar pemilih sementara yang akan kami lakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kelurahan, PPS, lalu naik kelurahan di PPK, lalu ke KPU kabupaten kota sampai dengan KPU provinsi di tanggal rentang waktu 14-17 Agustus,” jelasnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!