NUSANTARA

KPU Banyuwangi Imbau Parpol Buat Rekening Dana Kampanye

"Ada empat partai politik sudah bersurat ke kami untuk dibuatkan surat pengantar pembukaan rekening dana kampanye"

AUTHOR / Hermawan Arifianto

rekening dana kampanye
Ilustrasi

KBR, Banyuwangi- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Jawa Timur, mengimbau seluruh partai politik peserta pemilu 2024 di daerahnya, untuk segera membuat rekening khusus  dana kampanye.

Menurut Anggota KPU Banyuwangi, Ari Mustofa, rekening dana kampanye parpol merupakan salah satu syarat bagi partai politik untuk bisa mengikuti tahapan pemilu selanjutnya, yaitu tahapan kampanye. Jika hingga tenggat waktu yang diberikan, partai politik tidak menyetorkan rekening dana kampanye, maka akan berimbas pada proses pencalegan maupun kampanye.

Kata Ari, berbeda dengan aturan pemilu sebelumnya yang mengharuskan setiap caleg mencantumkan rekeningnya, namun dalam Pemilu 2024 akan datang rekening dana kampanye hanya diwajibkan bagi parpol peserta Pemilu saja.

“Sudah ada partai yang bersurat ke kami itu ada empat partai politik sudah bersurat ke kami untuk dibuatkan surat pengantar pembukaan rekening dana kampanye. Jadi nanti prosesnya teman-teman partai politik itu membuka rekening dana kampanye di bank umum karena regulasinya di bank umum. Kemudian surat pengantar pembuatan rekening itu dibuatkan KPU,” ujar Ari Mustofa hari ini Senin (19/9/2023) di Banyuwangi

Baca juga:

Anggota KPU Banyuwangi, Ari Mustofa menambahkan, rekening dana kampanye setiap partai politik sudah harus selesai sebelum masuk tahapan kampanye, yang dijadwalkan mulai pada 28 November 2023. Sebelum itu, kata Ari, setiap partai politik harus ada laporan awal dana kampanye dari Parpol peserta Pemilu.

Menurut Ari, untuk pembuatan rekening dana kampanye, bisa dibuat di sejumlah bank umum. Aturan ini mengalami perubahan dari aturan pemilu 2019 lalu yang mengharuskan membuat rekning di bank milik negara. Pada Pemilu 2024 ini setiap partai politik bebas membuat rekning dana kampanye di bank milik negara maupun bank swasta.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!