NUSANTARA

Kemenhut Dirikan Pusat Penyelamatan Macan Tutul

Kementerian Kehutanan merencanakan pendirian pusat penyelamatan macan tutul Jawa (panthera pardus melas). Sebab, konflik antara manusia dengan macan tutul di Pulau Jawa terbilang tinggi.

AUTHOR / Eko Widianto

Kemenhut Dirikan Pusat Penyelamatan Macan Tutul
macan tutul, kemenhut, Zulkifli Hasan

KBR68H, Bogor - Kementerian Kehutanan merencanakan pendirian pusat penyelamatan macan tutul Jawa (panthera pardus melas). Sebab, konflik antara manusia dengan macan tutul di Pulau Jawa terbilang tinggi. 


Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mengatakan, pusat penyelamatan tersebut akan dikelola bersama Perhimpunan Kebun Binatang Indonesia (PKBSI) dan swasta. Kata dia, pemerintah akan menyiapkan lahan untuk penyelamatan dan penangkaran macan tutul.


"Macan tutul masuk kampung-kampung, artinya habitatnya terganggu. Nah, apakah kawasannya rusak, terbakar atau makanannya tidak ada. Tentu fenomena ini harus diatasi bersama. Kita memang harus membentuk rescue center," kata Zulkifli Hasan di Bogor, Jawa Barat.


Sebelumnya, konflik antara manusia dengan macan tutul kerap terjadi. Sejumlah macan tutul ditangkap hidup-hidup dan juga dibunuh karena dianggap mengancam manusia. Lembaga  lingkungan dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyebutkan, macan tutul Jawa menjadi salah satu satwa yang populasinya sangat kritis. 


Populasi macan tutul Jawa terus merosot saban tahun. Jumlahnya kini diperkirakan tersisa 250-700 ekor. Sebab itu, lembaga ini merencanakan mendata ulang populasi macan tutul Jawa. 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!