NUSANTARA

Karhutla di Aceh Meluas

Proses pemadaman Karhutla mengalami kendala karena tidak ada akses jalan maupun sumber air di dekat titik api.

AUTHOR / Erwin Jalaludin

EDITOR / R. Fadli

Karhutla
Kepulan asap Karhutla di Kabupaten Nagan Raya, Aceh. (Foto: KBR/Ist/Erwin)

KBR, Aceh - Badan Penanggulangan Bencana Aceh BPBA mencatat, ada delapan kabupaten/kota yang kini mengalami Karhutla, dengan luas lahan terbakar mencapai 53 hektare.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas menjelaskan, proses pemadaman Karhutla mengalami kendala karena tidak ada akses jalan maupun sumber air di dekat titik api.

”Kadang-kadang enggak semua Karhutla ini disebabkan oleh cuaca ya, tapi memang ulah manusia itu sendiri. Himbauan Kami membuka lahan itu jangan dengan cara membakar kepada masyarakat,” tegas tegas Ilyas (26/7/2024) menjawab KBR.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas menambahkan, berdasarkan data sementara, Karhutla yang sudah berhasil dipadamkan ada di tujuh wilayah, yaitu Kabupetan Aceh Barat (7,5 hektare), Bener Meriah (18 hektare), Aceh Besar (5,5 hektare), Aceh Selatan (7 hektare), Aceh Jaya (1 hektare), Aceh Tenggara (1 hektare), dan Kota Sabang (1 hektare).

Baca juga:

Puluhan Hektare Hutan Lindung dan Kebun di Aceh Terbakar

Indonesia Masuk Periode Karhutla dan Kekeringan

Sedangkan Karhutla di Nagan Raya, yang berhasil dipadamkan hanya 35 persen dari total lahan yang terbakar seluas 12 hektare.

"Angin kencang yang sering berubah-ubah, memudahkan titik api cepat meluas ke tempat-tempat lain," jelasnya.

Baca juga:

Siaga Hadapi Karhutla!

Kebakaran Hutan Meluas di Aceh, karena Puntung Rokok?

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!