NUSANTARA

Juni, Wilayah Jawa Memasuki Musim Kemarau

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Juni mendatang wilayah Jawa akan memasuki musim kemarau.

AUTHOR / Evelyn Falanta

Juni, Wilayah Jawa  Memasuki Musim Kemarau
musim kemarau, juni, jawa, portalkbr


KBR68H, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Juni mendatang wilayah Jawa akan memasuki musim kemarau. Prakirawan BMKG, Agus Siharsana mengatakan, menjelang musim kemarau hingga akhir bulan ini cuaca akan lebih sering turun hujan. Kata dia, ini terjadi lantaran adanya masa peralihan dari musim hujan ke kemarau.

"Cuaca jangka pendek yang seperti kita lihat sekarang ini itu menunjukkan memang pengaruh keadaan laut, seperti Samudra Hindia, Samudra Pasifik yang memberikan efek pada keadaan cuaca di Indonesia. Di sana ada pola tekanan yang memberikan pola angin di sekitar wilayah Jawa sehingga masih lebih sering hujan seperti sekarang," terang Agus kepada KBR68H.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Agus Siharsana menambahkan turunnya hujan yang lebih sering turun saat ini, juga terjadi di wilayah Medan, Aceh, maupun Sumatera bagian Selatan.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!