NUSANTARA

Jokowi: 200 T untuk Bangun Tanggul Raksasa

Gubernur Jakarta Joko Widodo memperkirakan proyek pembangunan Tanggul Laut Raksasa di Pantai Utara Jakarta bakal menelan biaya lebih dari Rp200 triliun.

AUTHOR / Eli Kamilah

Jokowi: 200 T untuk Bangun Tanggul Raksasa
tanggul raksasa, jakarta

 KBR68H, Jakarta - Gubernur Jakarta Joko Widodo memperkirakan proyek pembangunan Tanggul Laut Raksasa di Pantai Utara Jakarta bakal menelan biaya lebih dari Rp200 triliun. Jokowi mengatakan, dana tersebut sudah mencakup keseluruhan biaya pembuatan tanggul dan pelabuhan. Jokowi juga memastikan sudah banyak investor, baik lokal maupun asing, yang tertarik ikut proyek tersebut.

“Secara hitung-hitungan bisnis dan hitung-hitungan komersial masuk lah. Yang tunjuk jari banyak yang masuk. (Perkiraan anggaran?) Ya nantilah, studinya saja baru dibuat. Ya, kira-kira 280 triliunlah. Setelah kita hitung-hitung, ngga ada masalah, duit gampanglah cari segitu,” kata Jokowi di kantor Menko Perekonomian hari ini.

Pemerintahan Joko Widodo menginginkan proyek Tanggul Laut Raksasa dipercepat untuk mengantisipasi banjir rob atau banjir pasang laut. Joko Widodo mengatakan tanggul raksasa itu sangat diperlukan karena permukaan air laut terus naik, sedangkan permukaan tanah Jakarta terus menurun. Penelitian para ahli geodesi memperkirakan pada 2025 mendatang Jakarta akan tenggelam karena naiknya permukaan laut sebagai dampak pencairan es di kutub.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!