NUSANTARA

Jelang Ramadhan, Pemerintah Tertibkan Anak Jalanan

KBR, Mataram

AUTHOR / Zainudin Syafari

Jelang Ramadhan, Pemerintah Tertibkan Anak Jalanan
ramadhan, anak, jalanan

KBR, Mataram – Jelang bulan Ramadhan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat mulai melakukan antisipasi terhadap anak jalanan, gelandangan dan pengemis musiman.

Kepala Disosnakertrans Kota Mataram Ahsanul Halik mengatakan, Pemkot Mataram juga memberikan himbauan kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk tidak memberikan sumbangan dalam bentuk apapun kepada anak jalanan, pengemis dan gelandangan.

“Yang jelas pada bulan puasa tidak ada anak jalanan yang berkeliaran di perempatan. Sementara untuk pengemis, nanti Satpol PP yang punya tugas untuk menertibkan. Kita akan fokus di perempatan-perempatan jalan dan bekerjasama dengan Satpol,” kata Ahsanul Halik kepada KBR Senin (26/5)

Menjelang dan selama bulan puasa, biasanya anak jalanan dan pengemis mulai memenuhi jalanan di Mataram.

Namun kebijakan penertiban  ini mendapat kritikan dari lembaga-lembaga yang mendampingi anak jalanan. Karena menertibkan anak jalan tidak menyelesaikan persoalan. Seharusnya anak jalanan diajak ke sekolah dan diberikan lapangan pekerjaan agar tak kembali ke jalan.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!