NUSANTARA

Janji Pemerintah pada Desa-desa di Nunukan yang Masih Gelap Gulita

Lima desa terpencil di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara tahun ini akan menerima bantuan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. Empat PLTS berdaya 50 Kwp dan 1 PLTS berdaya 15 KWP.

AUTHOR / Adhimas Soekotjo

Janji Pemerintah pada Desa-desa di Nunukan yang Masih Gelap Gulita
Janji Pemerintah, Desa-desa, Nunukan

KBR68H, Nunukan - Lima desa terpencil di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara tahun ini  akan menerima bantuan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. Empat PLTS berdaya 50 kilo watt peak (kWp) dan 1 PLTS berdaya  15 kWp.

Kepala Bidang Ketenaga Listrikan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan Yoshua Batara Payangan mengatakan, dengan pembangunan PLTS maka lebih dari seribu rumah warga di wilayah  perbatasan yang kesulitan mengakses listrik akan bisa menikmati penerangan.

"PLTS terpusat ini yang diberikan memang agak besar 50 Kwp, bisa sampai 300 rumah. Sementara yang 15 ini 90 rumah," ujar Yosua Batara Payangan.

Kepala Bidang Ketenaga Listrikan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan Yoshua Batara Payangan menambahkan, selain bantuan PLTS warga perbatasan di Kecamatan Seimenggaris akan menerima bantuan 6 buah  lampu led solar untuk 2000 kepala keluarag. 

Tahun 2013, sebanyak 1.864 keluarga di Kecamatan  Nunukan dan Kecamatan Seimenggaris mendapat bantuan 11.000 lampu led solar sel.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!