HEADLINE

Heli Malaysia Langgar Batas Wilayah di Kalimantan Utara

Helikopter jenis Hellybell dengan nomor badan pesawat 9M-HM milik Malaysia dipastikan melanggar wilayah batas negara.

AUTHOR / Adhima Soekotjo

Heli  Malaysia   Langgar Batas Wilayah di Kalimantan Utara
Komandan Kompi Satgas Pamtas Yonif 521/ Dadaha Yudha Kapten inf Suris Fiyanto (Foto: Adhima)

KBR, Nunukan – Helikopter jenis Hellybell dengan nomor badan pesawat 9M-HM milik Malaysia dipastikan melanggar wilayah batas negara setelah mendarat di helipat milik satgas pamtas Yonif 521/Dadaha Yudha di Aji Kuning Sebatik Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Komandan Kompi  Satgas Pamtas Yonif 521/ Dadaha Yudha Kapten inf Suris Fiyanto memastikan tidak ada izin untuk helicopter Malaysia tersebut melakukan pendaratan di pos Satgas Pamtas.

“Ijin tidak ada. Mereka memang sudah melewati daerah batas karena sudah berada di atas kita. Begitu sampai turun di hellipad kita saya lihat memang heli itu heli sipil. Dengan nomor 9M-HM, saya perintahkan satu orang untuk merapat, pilot  memberikan  tanda jangan  terlalu merapat. Akan tetapi  setelah itu mereka langsung  kembali naik ke arah malaysia.“ Ujarnya Senin (20/06/2015).

Suris Fiyanto menambahkan, helipat yang berada di pos pemantau wilayah perbatasan  di desa Aji Kuning tersebut  merupakan landasan khusus bagi pesawat militer Indonesia. Disinyalir helikopter yang mendarat di pos satgas pamtas merupakan heli yang ditumpangi Mendagri Negara Malaysia Datuk Sri Ahmad Zaid Hamidi yang akan melaksanakan acara di salah satu desa di wilayah perbatasan Indonesia -  Malaysia.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!