NASIONAL

Gibran jadi Cawapres, Begini Kata Puan

"Ditanya dulu ke Mas Gibran, sudah koordinasi belum?"

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Gibran Cawapres
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan SK Cawapres Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Jakarta, Sabtu (21/10/23). (Antara/Sigid Kurniawan)

KBR, Solo- Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Puan Maharani angkat bicara soal  putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabumig Raka yang menjadi  calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto.


Puan mengatakan menunggu keputusan dari Gibran terkait hal itu. Menurut dia hingga kini, Gibran masih sebatas diusung oleh partai politik kubu Prabowo.

“Kan baru diusulkan belum (jadi bakal calon wakil presiden). Ditanya dulu ke Mas Gibran, sudah koordinasi belum? Ya saya enggak tahu, coba tanya ke Mas Gibran,” ucap Puan usai Apel Hari Santri Nasional 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Lanjutnya, soal Jokowi memberi kode keras merestui langkah Gibra untuk jadi cawapres, Puan mengatakan itu hal wajar karena Jokowi merupakah ayah Gibran jadi tentu mesti mendukung langkah sang anak.

Ihwal Gibran yang bertemu dengan sejumlah petinggi partai Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai presiden, menurut Puan itu merupakan bentuk sllaturahmi.

“Saya dari PDI Perjuangan juga sowan silaturahmi ke semua partai jadi silaturahmi itu sesuatu yang wajar dan harus dilakukan,” ujar Puan.

Baca juga:

Sebelumnya Rapimnas Partai Golkar memutuskan menyorongkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Koalisi Indonesia Maju lantas  resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan pasangan ini akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum KPU RI pada Rabu (25/10/23)  atau di hari terakhir masa pendaftaran.

"Secara final, secara konsensus, seluruhnya bersepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wapres dari KIM," ujar Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Sabtu (22/10/2023).

Koalisi Indonesia Maju terdiri dari delapan partai politik yaitu Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, Gelora, Bulan Bintang, Garda Republik, dan Prima.

Editor: Rony Sitanggang


Catatan: Redaksi memperbaiki kesalahan pengutipan pada Senin (23/10/23) pukul 18:24 WIB.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!