NUSANTARA

Dua Jenazah ABK KM Berkah Aminah Ditemukan di Pulau Kangean

Korban dimakamkan di sekitar Pulau Kangean.

AUTHOR / Musyafa

Dua Jenazah ABK KM Berkah Aminah Ditemukan di Pulau Kangean
Dua nelayan meninggal asal Rembang Jawa Tengah, ditemukan di Pulau Kangean sebelah timur Madura, Senin, 29 Januari 2024. Foto: Tangkapan layar video satpolair

KBR, Rembang– Dua jenazah nelayan ditemukan terdampar di Pulau Kangean, yang berada di sebelah timur Madura atau sekitar 120-an kilometer sebelah utara Pulau Bali. Keduanya adalah anak buah kapal (ABK) KM Berkah Aminah 2 yang tenggelam karena bocor di pantai utara Rembang Jawa Tengah.

Menurut informasi dari pemilik kapal warga Bulu Bancar Tuban, Jawa Timur, kedua korban yang meninggal bernama Eko Sugiyanto (Eko Ceplis) warga Kelurahan Tanjungsari Rembang, dan Mul Pamotan Rembang (belum diketahui dari desa mana-red).

Nurrofi, kakak ipar Eko Sugiyanto mengatakan, keluarga semula ingin jenazah bisa dibawa ke Rembang. Namun, dari hasil komunikasi dengan aparat setempat terkait kondisi jenazah, akhirnya korban langsung dimakamkan di sekitar Pulau Kangean.

Kata dia, jika dibawa ke Rembang, perkiraan butuh waktu 3 hari dan memerlukan biaya lumayan besar untuk ukuran mereka.

“Komandan Polair di sana bilang, mohon maaf tidak bisa dibawa ke Rembang. Butuh waktu lama, karena nyebrang pulau, kasihan jenazahnya. Almarhum asli Waru Sono, tapi dapat istri Tanjungsari. Ia ikut melaut kapal tersebut baru tiga kali ini,” kata Nurrofi, Rabu, (31/01).

Meninggalkan Istri dan Dua Anak

Keluarga korban meyakini salah satu jenazah adalah almarhum Eko Sugiyanto, karena masih bisa dikenali dari gambar wajah yang dikirim melalui telepon pintar.

“Saat dikasih tahu, anaknya ya langsung bilang, iya benar itu bapak, karena hafal dengan kausnya,” imbuhnya.

Mendengar alasan-alasan itu, pihak keluarga akhirnya mau memahami dan bisa mengikhlaskan jenazah Eko Sugiyanto dimakamkan di sana. Almarhum Eko meninggalkan seorang isteri dan dua anak. Untuk mendoakan almarhum, keluarga korban sudah mengadakan kegiatan tahlilan di rumah duka.

“Nanti malam sudah tahlilan hari ketiga,” pungkasnya.

Sebelumnya, kapal KM Berkah Aminah 2 berisi 14 orang ABK tenggelam karena bocor. Tercatat satu orang selamat, dua ditemukan meninggal, dan korban lain belum ditemukan.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!