BERITA

Dikebut, PLTU Fast Track 2 Jateng Bakal Beroperasi Tahun Ini

PLTU ini dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di sejumlah kawasan Industri, termasuk lokal Cilacap.

AUTHOR / Muhamad Ridlo Susanto

Dikebut, PLTU Fast Track 2 Jateng  Bakal Beroperasi Tahun Ini
PLTU 2 Jateng Adipala dilihat dari Pantai Bunton, Cilacap. Foto: Muhamad Ridlo KBR

KBR, Cilacap – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa Tengah 2 unit 3 di Adipala Kabupaten Cilacap, pembangunannya bakal dikebut sehingga bisa beroperasi tahun ini.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan sedianya PLTU 660 megawatt tersebut beroperasi normal pada 2016. Namun pembangunan PLTU yang masuk dalam program percepatan pembangunan (fast track program) tersebut dipercepat lantaran harus menyuplai defisit energi yang terjadi di Pulau Jawa. PLTU ini dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di sejumlah kawasan Industri, termasuk lokal Cilacap. 

Tatto menjelaskan saat ini dua unit PLTU Jawa Tengah 2 di Adipala yang telah beroperasi baru memasok 600 megawatt ke jaringan listrik Jawa-Bali-Sumatera. Sementara, unit ketiga dipercepat dan akan menambah suplai 660 megawatt. Ia optimis target tersebut bakal terealisasi.

"(Itu akan beroperasi kapan Pak?) Tahun ini sudah harus beroperasi. Ini akan menjawab kekurangan listrik, krisis listrik di Pulau Jawa. Itu nanti bisa selesai. Nah ini Yang bisa menjawab hanya Cilacap. Pertanyaannya, siapkah masyarakat Cilacap dengan kawasan Industri. Kalau tidak siap yang kaya makin kaya, yang miskin semakin miskin," katanya, Kamis (23/7/2015).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menambahkan Cilacap juga bakal membangun PLTU sebesar 5000 megawatt di Bunton Kecamatan Adipala. Proses pembangunan PLTU ini sudah dilakukan, termasuk pembebasan lahan. Dijadwalkan PLTU ini akan dibangun bertahap dan sielesaikan dalam jangka empat tahun.

Cilacap merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang bakal menjadi kawasan  industri penting di Indonesia. Untuk itu, kata Tatto, masyarakat Cilacap harus mempersiapkan diri dengan pendidikan yang mumpuni. Dengan demikian masyarakat Cilacap bisa menikmati kesempatan kerja yang terbuka lebar. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!