NUSANTARA

Cuaca Esktrem, Dua Warga Tertimpa Bangunan di Jombang, Satu Meninggal

Sugeng tertimpa beton balok gantung

AUTHOR / Muji Lestari

Cuaca Esktrem, Dua Warga Tertimpa Bangunan di Jombang, Satu Meninggal
Lokasi kejadian bangunan roboh akibat angin kencang yang memakan korban jiwa di Jalan Wahid Hasyim, Jombang, Minggu, 8 Oktober 2023. KBR/ Muji Lestari

KBR, Jombang- Seorang tukang becak meninggal tertimpa bangunan rumah tua yang roboh akibat diterjang angin kencang di Jombang, Jawa Timur, Minggu, 08 Oktober 2023.

Saat kejadian, korban bernama Sugeng (70) warga Pasuruan, sedang terlelap di atas becaknya, yang diparkir di depan bangunan rumah kosong di Jalan Wahid Hasyim. Saat angin kencang menerjang, bangunan itu ambruk, Sugeng tertimpa beton balok gantung.

Supervisor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, Stevie Maria mengakui, bangunan rumah kosong yang menimpa Sugeng memang sudah tua.

Kata dia, embusan angin kencang memperparah struktur bangunan, sehingga makin rapuh dan akhirnya roboh mengenai korban.

"Sampai sekarang masih dalam proses penyelidikan, pastinya akan disampaikan oleh kawan-kawan kepolisian. Bangunannya relatif cukup tua dibandingkan dengan bangunan-bangunan di samping kanan kirinya," jelasnya, Minggu, (08/10).

Korban Kedua

Angin kencang juga mengakibatkan dua rumah rusak di Desa Karangwinongan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Kejadian ini menyebabkan seorang warga bernama Ria Agustina (28) terluka setelah tertimpa reruntuhan genting.

Atap rumah dan belandar penyangga berbahan galvalum roboh dan hancur setelah terjadi angin kencang. Komandan Koramil Mojoagung, Kapten Inf. Hernawan mengatakan, kepala korban terluka setelah terkena genting yang jatuh saat terlelap di kamar rumahnya. Warga kemudian membawa korban ke rumah sakit.

"Ibu Ria Agustina dirujuk ke Rumah Sakit Mojowarno (RSK) dengan kendaraan seadanya," katanya.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!