NUSANTARA

Cuaca Buruk, Nelayan Kaltim Belajar Budidaya Ikan di Tambak

KBR68H, Balikpapan

AUTHOR / Teddy Rumengan

Cuaca Buruk, Nelayan Kaltim Belajar Budidaya Ikan di Tambak
Nelayan Kaltim, Budidaya Ikan, Tambak, cuaca buruk



KBR68H, Balikpapan – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan membuat program agar warga pesisir tidak mengandalkan pendapatan sehari-hari sebagai nelayan. Sebab Perairan di Balikpapan sering tidak bersahabat. Saat ini saja cuaca buruk dan ombak tinggi yang mencapai 2 meter menghujam di perairan selat Balikpapan dan Penajam Paser Utara. Akibatnya, nelayan tidak bisa melaut selama berbulan-bulan.

Kepala Dinas Perikanan Kelautan dan Pertanian (DPKP) Kota Balikpapan Chaedar Chaerulsyah mengatakan, nantinya nelayan di Kalimantan Timur akan diajarkan membudidayakan ikan di tambak.

“Ini nelayan pasti agak susah, jadi saat ini kita hanya menghimbau, sampai batas-batas menghimbau, tolong para nelayan yang ingin ke laut, benar-benar artinya mempersiapkan diri dari segala safety nya, karena kan banyak orang kita yang punya modal berani saja, begitu mereka menghadapai musibah, keberanian bukan satu-satunya faktor yang bisa menyelamatkan,” kata Chaedar Chaerulsyah.

Kepala Dinas Perikanan Kelautan dan Pertanian (DPKP) Kota Balikpapan Chaedar Chaerulsyah meminta saat ini nelayan tidak  melaut. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, nelayan bisa mencari pekerjaan lain sambil menunggu program pemberdayaan nelayan berjalan. (Baca: Nelayan Tak Melaut, Kalbar Gelar Operasi Pasar Ikan)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!