NUSANTARA

Cari Dukungan, Bantuan Siswa Miskin Dipolitisasi Calon Bupati

Bantuan Siswa Miskin (BSM) di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, diduga digunakan untuk kepentingan politik peserta pemilihan bupati setempat.

AUTHOR / Sukriwandi

Cari Dukungan, Bantuan Siswa Miskin Dipolitisasi Calon Bupati
Bantuan Siswa Miskin, Calon Bupati, Poliwali Mandar

KBR68H, Polewali Mandar – Bantuan Siswa Miskin (BSM) di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, diduga digunakan untuk kepentingan politik peserta pemilihan bupati setempat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Polewali Mandar, Arifin Yambas mengatakan, beberapa kandidat menyebarkan formulir ke masyarakat dengan dalih untuk memperlancar pengurusan program nasional Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Padahal, bantuan Siswa Miskin ini adalah program pemerintah pusat yang kuotanya sudah ditentukan.

“Ada kandidat yang memanfaatkan masalah Beasiswa Miskin, katanya ini disuruh kumpul apa namanya Kartu Keluarga (KK), Kartu Perlindungan Sosial (KPS) ke dia katanya mau uruskan untuk mendapatkan beasiswa miskin. Padahal ini Beasiswa Miskin (BSM) adalah program Nasional dan akan segera turun dananya. Di UPTD Manami itu Sekolah Manami? Diwilayah Polewali Mandar,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Polmam, Arifin Yambas.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kabupaten Polewali Mandar Arifin Yambas menambahkan, data penerima Bantuan Siswa Miskin atau BSM di daerah itu mencapai 34 ribu lebih orang siswa.

Arifin Yambas mengatakan daerah Polewali Mandar merupakan daerah penerima kuota terbanyak setelah melalui proses administrasi di Kementerian Pendidikan Nasional.  (Sukriwandi)

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!