NUSANTARA

BPBD Jawa Tengah Distribusikan 64 Juta Liter Air selama Kemarau 2023

317 kecamatan dengan total 1.662 desa terdampak kekeringan selama musim kemarau 2023.

AUTHOR / Anindya Putri

BPBD Jawa Tengah Distribusikan 64 Juta Liter Air selama Kemarau 2023
Ilustrasi: Sejumlah warga mengambil air bersih yang dibagikan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Serang, Banten, Senin, (9/10/2023). Foto: ANTARA

KBR, Semarang- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Jawa Tengah mendistribusikan puluhan juta liter air selama musim kemarau 2023.

Kepala bidang Kedaruratan BPBD Jateng, Muhammad Chomsul mengungkapkan pendistribusian air bersih tersebar di 34 daerah dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Sejauh ini akumulasi distribusi air bersih karena kekeringan di Jawa Tengah sampai 11 Oktober 2023, kami sudah mendistribusikan air sekitar 64 juta liter," ungkap Chomsul kepada KBR di Semarang, Kamis, (12/10/23).

Chomsul menyebut, sebanyak 317 kecamatan dengan total 1.662 desa terdampak kekeringan selama musim kemarau 2023.

Kata dia, ada lima daerah dengan kekeringan paling parah, yakni Blora, Grobogan, Demak, Cilacap, dan Purbalingga.

"Ada ribuan desa terdampak kekeringan selama kemarau panjang tahun ini," jelas Chomsul.

Chomsul meminta, kepada masyarakat agar tidak membakar sampah selama musim kemarau, serta waspada untuk meminimalkan terjadinya kebakaran.

"Musim kemarau ini termasuk kemarau panjang, jadi tolong jangan sembarang membuang putung rokok dan membakar sampah," imbuhnya.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!