NASIONAL

BMKG: Awal Musim Hujan Tiba di November 2023

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan awal musim hujan diperkirakan baru akan terjadi di November 2023.

AUTHOR / Astri Septiani

BMKG: Awal Musim Hujan Baru Terjadi November 2023
Seorang warga memompa air di sawah yang terdampak kekeringan di Desa Medalkrisna, Kab Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

KBR, Jakarta- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan tahun 2023/2024, akan tiba lebih lambat dibandingkan dengan biasanya.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan awal musim hujan diperkirakan baru akan terjadi di November 2023.

"Curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 pada umumnya diprediksi akan normal dibandingkan biasanya. Jadi kurang lebih sama dengan rerata klimatologinya secara umum. Meskipun demikian ada beberapa daerah yang diprediksi mengalami curah hujan yang lebih tinggi atau bahkan curah hujan lebih rendah dibandingkan rata klimatologisnya," kata Dwikorita saat konferensi pers (8/9/23).

Dwikorita menambahkan, puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Januari-Februari 2024. Kata dia, awal musim hujan diprediksi akan datang terlambat karena awan pembawa hujan yang dibawa oleh angin baratan (monsun Asia) diperkirakan akan muncul di Indonesia bagian utara.

Dwikorita pun mengimbau Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk lebih antisipatif terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologis di awal tahun depan.

Dwikorita mengingatkan peningkatan risiko bencana banjir dan tanah longsor perlu dioptimalkan, untuk meminimalisir dampak timbulnya korban dan kerugian materiil.

Baca juga:

- BMKG Peringatkan Bencana Kekeringan di Semester II 2023

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!