NUSANTARA

Banjir Parigi Moutong, 154 Unit Rumah Terendam

BNPB mengimbau khususnya masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, selalu waspada potensi risiko banjir susulan.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Sindu

Banjir Parigi Moutong, 154 Unit Rumah Terendam
Ilustrasi: Banjir di Parigi Moutong, Sulteng, Selasa, 3 September 2024. Foto: KBR/M. Ridlo

KBR, Jakarta- Banjir melanda Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Selasa, (3/9) pukul 03:00 WITA. Sebanyak 154 unit rumah terendam.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, banjir dipicu hujan intensitas tinggi yang menyebabkan air sungai meluap. Luapan air itu lantas merendam permukiman warga di Desa Suasu Piore, Kecamatan Suasu.

"Berdasarkan data yang diterima BNPB, sebanyak 173 KK atau 587 warga terdampak, kendati demikian, tidak ada warga yang dilaporkan mengungsi," ucapnya melalui keterangan dikutip Rabu, 4 September 2024.

Kata dia, kerugian materil yang tercatat, sebanyak 154 unit rumah, 100 hektare perkebunan, dan 70 hektare persawahan terendam banjir.

"BPBD Kabupaten Parigi Moutong sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait guna assessment dan penangan warga yang terdampak. Dilaporkan banjir sudah surut," tuturnya.

BNPB mengimbau khususnya masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, selalu waspada potensi risiko banjir susulan.

"Sebagai langkah mitigasi banjir serupa, warga dapat membersihkan drainase sekunder di sekitaran rumah," jelasnya.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!