NUSANTARA

Banjir Bandang di Dogiyai, BNPB: Empat Meninggal

"Tercatat empat warga meninggal dunia, satu warga luka ringan dan satu warga dilaporkan hilang,"

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Rony Sitanggang

Banjir bandang Dogiyai
Sebanyak empat warga tewas akibat banjir bandang di Dogiyai, Papua Tengah, Senin (05/08/24). (BNPB)

KBR, Jakarta- Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari melaporkan empat orang warga meninggal dunia akibat banjir bandang yang menerjang wilayah Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah pada Jumat (2/8), pukul 20.00 WIT.

"Berdasarkan laporan yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari Senin (5/8) pukul 19.00 WIB tercatat empat warga meninggal dunia, satu warga luka ringan dan satu warga dilaporkan hilang," ucapnya melalui keterangan resmi dikutip Selasa (6/8/2024).

Kata dia, Tim SAR gabungan beserta masyarakat setempat masih melakukan pencarian terhadap warga yang dilaporkan hilang.

"Proses evakuasi, pencarian dan pertolongan korban terkendala oleh keadaan cuaca yang buruk serta sulitnya akses jalan menuju lokasi kejadian," tuturnya.

Sementara itu, kerugian materil yang tercatat antara lain kerusakan satu unit fasilitas pendidikan.

Baca juga:

Juru bicara BNPB, Abdul Muhari menjelaskan, banjir bandang ini menyebabkan dua kampung, yaitu Kampung Bukapa dan Kampung Putapa yang berada dalam wilayah administratif Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai terdampak.

Abdul mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dogiyai melaporkan situasi mutakhir di lokasi kejadian masih turun hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Adapun kejadian banjir tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari yang melanda wilayah Kabupaten Dogiyai.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!