NUSANTARA

Antisipasi Kerawanan Pilkada, Polres Jombang Siapkan Ratusan Personil

"Yang paling diantisipasi dalam pendaftaran calon di KPU muncul massa nanti kita antisipasi,"

AUTHOR / Muji Lestari

EDITOR / Rony Sitanggang

Pilbup Jombang
Simulasi Sispamkota Pilkda Polres Jombang di Stadion Merdeka, Selasa (13/8/24). (KBR/Muji Lestari).

KBR, Jombang-  Pendaftaran pasangan calon dan masa kampanye menjadi fokus perhatian Kepolisian Jombang, Jawa Timur, dalam kontestasi Pilkada 2024. Wakapolres Jombang Hari Kurniawan berkata  dua tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah ini punya potensi konflik yang cukup besar. Sehingga harus diantisipasi sedini mungkin.

Meski begitu, Hari menjamin pelaksanaan pemilihan bupati-wakil bupati di Kota Santri pada 27 November mendatang akan berjalan aman dan lancar.

"Jombang aman tapi kita antisipasi, mungkin ada pihak yang tidak menghendaki kondusif, mungkin juga tidak puas di dalam penetapan hasil, itu yang kita antisipasi. Begitu juga dalam hal kampanye, itu tidak menutup kemungkinan juga ada potensi benturan antarpendukung," kata Wakapolres saat Simulasi Sistem Pengamanan Kota ( Sispamkota) di Stadion Merdeka Jombang, Selasa (13/8/2024) sore.

Hari berujar, saat kampanye tentu ada mobilisasi massa yang cukup besar berasal dari para loyalis maupun kader mililtan partai dan setiap paslon. Begitu juga dengan tahap pendaftaran. Saat itu, setiap bakal calon pasti datang ke KPU bersama rombongan pengantarnya. Sehingga cukup rawan dan memicu terjadinya pergesekan antar pendukung.

"Yang paling diantisipasi dalam pendaftaran calon di KPU muncul massa nanti kita antisipasi," terangnya.

Selain itu, menurut Hari, yang tak kalah rawan adalah saat penetapan hasil, mulai dari tingkat pemungutan suara di TPS (tempat pemungutan suara) maupun penetapan hasil pemenang Pilkada oleh KPU.

Baca juga:

red

Simulasi Sispamkota Pilkda Polres Jombang di Stadion Merdeka, Selasa (13/8/24). (KBR/Muji Lestari).

Tahapan  pendaftaran pasangan calon  Pilkada serentak 2024, dijadwalkan pada Selasa, 27 Agustus 2024 hingga Kamis, 29 Agustus 2024. Sementara jadwal kampanye dimulai Rabu, 25 September 2024 hingga Sabtu, 23 November 2024.

Dalam Simulasi Sistim Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar Polisi di Jombang, ratusan personel antihuru-hara disiagakan lengkap dengan peralatan penghalau, termasuk tim negosiator dan anggota reserse kriminal maupun dari Satuan Intelkam.

"Total personel yang kami siagakan sekitar 580 anggota, semuanya kami libatkan dalam simulasi," tandas Wakapolres Jombang Hari Kurniawan.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!