NUSANTARA

Akses Jalan Terendam Banjir, ASTRA Tol Cipali Sortir Kendaraan

Curah hujan tinggi di sekitar jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada Minggu (11/2/2024) malam menyebabkan luapan air yang menggenang di sekitar lampu merah jalan arteri Kertajati–Kadipaten.

AUTHOR / Frans Mokalu

Akses Jalan Terendam Banjir, ASTRA Tol Cipali Sortir Kendaraan
Kepala Divisi Operasional ASTRA Tol Cipali Sri Mulyo di Gate Tol Kertajati yang terendam banjir, Selasa (13/2/2024). (Foto: KBR/Frans Mokalu)

KBR, Majalengka - Curah hujan tinggi di sekitar jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada Minggu (11/2/2024) malam menyebabkan luapan air yang menggenang di sekitar lampu merah jalan arteri Kertajati–Kadipaten.

Wilayah ini berbatasan dengan akses masuk Gerbang Tol Kertajati. Luapan air setinggi 30 – 50 centimeter yang terjadi sejak dini hari ini tidak sampai memasuki area Tol Cipali.

Peristiwa ini disebabkan oleh aliran Sungai Cipelang Kabupaten Cirebon Jawa Barat yang meluap hingga ke jalan.

Kepala Divisi Operasional ASTRA Tol Cipali, Sri Mulyo mengatakan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan dan menghindari masalah pada mesin kendaraan akibat banjir, pihaknya melakukan penyortiran kendaraan.

"Sejak dini hari sampai dengan pukul 11.00 WIB, ASTRA Tol Cipali berkoordinasi dengan Polres Majalengka memberlakukan rekayasa lalu lintas sementara dengan melakukan penyortiran kendaraan dari dan ke Gerbang Kertajati serta pengalihan lalu lintas ke Gerbang Tol Kertajati Utama dan Gerbang Tol Sumberjaya (KM 175)," kata Sri Mulyo, Selasa (12/2/2014).

Baca juga:


Setelah dilakukan rekayasa lalu lintas sementara, arus lalu lintas berhasil terurai sehingga tidak terdapat perlambatan di Ruas Tol Cipali maupun antrian di Gerbang Tol Kertajati.

Selama menangani luapan air, ASTRA Tol Cipali melibatkan Dinas Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Pengguna jalan dihimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan serta waspada saat berkendara dengan tidak memaksakan kendaraannya untuk melewati luapan air. Diharapkan, pengguna jalan dapat mengikuti arahan petugas yang berada di lapangan," kata Sri Mulyo.

Apabila pengguna jalan memerlukan bantuan, petugas Traffic Monitoring Center (TMC) ASTRA Tol Cipali akan membantu pengguna jalan selama 24 jam melalui line telepon 0260 – 7600 600.

Masyarakat juga dapat mendapatkan informasi resmi mengenai ruas Tol Cipali melalui media sosial Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter @astratolcipali.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!