indeks
YLKI: Pengaduan Konsumen 2012 Didominasi Kasus Perbankan

Penulis: Eli Kamila

Editor:

Google News
YLKI: Pengaduan Konsumen 2012 Didominasi Kasus Perbankan
Pengaduan konsumen, Pengaduan kasus perbankan, YLKI

KBR68H, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengklaim telah menerima 620 pengaduan konsumen sepanjang tahun lalu.


Ketua Pengurus Harian YLKI, Sudaryatmo mengatakan, pengaduan terbanyak dari masyarakat terkait kasus perbankan, seperti masalah kartu kredit dan perumahan.


Dari total pengaduan, sebanyak 385 kasus yang sudah ditindaklanjuti YLKI.


"Kalau di YLKI itu kita hanya menindaklanjuti pengaduan yang datang langsung dan surat. Tindak lanjutnya ada dua, yaitu klarifikasi tertulis dan mediasi. YLKI itu beda dengan Badan Sengketa Penyeleseian Konsumen. Jadi kalau di UU tidak ada kewajiban hukum YLKI untuk menyelesaikan pengaduan itu," kata Sudaryatmo.


Ketua Pengurus Harian YLKI, Sudaryatmo menyatakan lebih dari setengah pengaduan disampaikan melalui surat tembusan dan surat elektronik. Sedangkan sebagian pengaduan lain dikirim melalui surat langsung.


Hanya sedikit yang mengadu langsung ke kantor YLKI. Rata-rata aduan tiap bulan mencapai 60 kasus.

Pengaduan konsumen
Pengaduan kasus perbankan
YLKI

Berita Terkait


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Loading...