NASIONAL

Wapres: Pendidikan Tinggi Faktor Penting Pertumbuhan Ekonomi

"Pendidikan tinggi menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang, pengembangan teknologi, serta peningkatan keahlian dan daya saing SDM,"

AUTHOR / Astri Septiani

Universitas Islam Nusantara
Wapres Maruf Amin saat Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Nusantara, Kamis (16/11/23). (Uninus)

KBR, Jakarta-  Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, bangsa Indonesia mesti bergegas mengerahkan segala potensi demografi. Yakni jumlah angkatan kerja yang tinggi dan memiliki kecakapan digital.

Ma'ruf menyatakan tanpa upaya besar semua komponen bangsa, Indonesia akan melewatkan peluang meraih Indonesia Emas.

"Oleh sebab itu, pendidikan tinggi menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang, pengembangan teknologi, serta peningkatan keahlian dan daya saing SDM," kata Wapres pada acara Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Nusantara, Kamis (16/11/23).

Wapres mengatakan, visi dan misi pendidikan tinggi dikatakan tercapai jika institusi berhasil menginternalisasi nilai-nilai luhur pendidikan, sekaligus menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap mengisi lapangan pekerjaan terbaik.

Baca juga:

Wapres Maruf amin menyebut, dalam konteks penyiapan SDM ahli di bidang ekonomi dan keuangan syariah, Indonesia sudah menjadi salah satu negara dengan institusi pendidikan keuangan syariah terbanyak, walau sebagian besar belum memiliki akreditasi A.

"Saat ini, Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia menurut Islamic Finance Development Indicator Tahun 2022, serta menjadi salah satu negara terbaik dalam pengelolaan ekonomi dan keuangan syariah," tambahnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!