NASIONAL

Wapres Ma'ruf Amin Pulang Lebih Awal dari Papua

Jadwal kunjungan ke beberapa daerah di Bumi Cenderawasih ditunda.

AUTHOR / Hoirunnisa

Wapres Ma'ruf Amin Pulang Lebih Awal dari Papua
Wapres Maruf Amin bertemu para tokoh pegiat kemanusiaan, HAM, dan perdamaian di Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Selasa, 10-10-2023. Foto: wapresri.go.id

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak menyelesaikan jadwal berkantor di Papua hingga Jumat, 13 Oktober 2023, atau hari ini. Sedianya, wapres akan berkantor lima hari di Papua mulai 9-13 Oktober.

Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, Ma'ruf harus kembali ke Jakarta pada Kamis untuk mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo. Itu sebab, jadwal kunjungan ke beberapa daerah di Bumi Cenderawasih ditunda.

"Karena ada ada rapat penting, ratas dengan dengan presiden, di Jakarta. Dan itu saya kira kemudian akhirnya wapres semalam menyimpulkan untuk kunjungan ke Wamena dan kunjungan ke Merauke mesti kita tunda. Tapi, wapres tetap berkomitmen untuk kunjungan berikutnya akan datang ke Wamena dan Merauke," ujar Masduki Baidlowi dalam keterangan pers di kanal YouTube Wapres, Kamis, (12/10/2023).

Bukan Soal Isu Keamanan

Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengungkapkan, selama masa jabatan wakil presiden, Ma'ruf Amin akan ada minimal dua kunjungan lagi ke Wamena dan Merauke. Ia menyebut akan menjadwalkan ulang kunjungan tersebut yang diperkirakan pada Desember.

Masduki Baidlowi menegaskan kepulangan Ma'ruf Amin tak terkait dengan isu keamanan di Papua. Selain itu, ia juga tidak dapat memastikan apakah rapat terbatas itu menyangkut soal perombakan kabinet. Baidlowi menyebut ada dua ratas yang dihadiri wapres hari ini.

Lima Hari

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) diagendakan berkantor di Papua selama 5 hari, yakni pada 9-13 Oktober 2023.

Selama di sana, wapres akan melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dialog dengan tokoh aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua. Sejumlah daerah yang dikunjungi di antaranya ke Jayapura, Wamena, dan Merauke.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!