NASIONAL

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Copot Kapolres Malang

""Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, dimutasikan sebagai Pamen SDM polri ""

AUTHOR / Astri Yuanasari

tragedi Kanjuruhan
Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Ferli Hidayat saat konferensi pers, Minggu (2/10).

KBR, Jakarta-  Kapolri  Listyo Sigit Prabowo memutuskan mencopot Kapolres Malang Ferli Hidayat, buntut tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang yang terjadi pada Sabtu (1/10) malam. Juru bicara Polri Dedi Prasetyo mengatakan, keputusan ini adalah hasil analisa dan evaluasi dari tim investigasi yang dibentuk Kapolri.

"Malam hari ini juga bapak Kapolri mengambil suatu keputusan yang memutuskan berdasarkan surat telegram nomor ST 298 X KEP tahun 2022, menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, dimutasikan sebagai Pamen SDM polri dan digantikan oleh AKBP Putu Kholis Arya yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya," kata Dedi dalam keterangan pers, Senin (3/10/2022).

Dedi menambahkan, sesuai dengan perintah Kapolri, Kapolda Jawa Timur juga menonaktifkan sembilan orang yang menjabat sebagai komandan batalyon (Danyon), komandan kompi (Danki), dan komandan peleton (Danton) dari brigade mobil (Brimob). Dedi mengatakan, sembilan orang yang dinonaktifkan, saat ini masih dalam proses pemeriksaan tim.

Baca juga:

Dedi mengatakan, sesuai dengan perintah presiden, Kapolri memerintahkan tim investigasi untuk bekerja secara cepat namun harus penuh ketelitian dan kehati-hatian. Kata dia, proses pembuktian secara ilmiah juga menjadi standar tim ini.

Dedi menyebut, tim bekerja secara maraton, dan hari ini status penyelidikan sudah ditingkatkan menjadi penyidikan.

"Hari ini melakukan pemeriksaan terkait penerapan pasal 359 dan 360 KUHP dengan melakukan pemeriksaan 20 orang saksi. Dari hasil pemeriksaan tersebut tim melakukan gelar perkara, dari hasil gelar perkara meningkatkan status dari penyelidikan sekarang statusnya sudah menjadi penyidikan," kata dia.

Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • Persebaya
  • 125 meninggal
  • Tragedi Kanjuruhan
  • Arema
  • Kapolri Listyo Sigit Prabowo
  • Kapolres Malang Ferli Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!