NASIONAL

TNI-Polri Siap Amankan Gelaran KTT ASEAN Ke-23

Walaupun pelaksanaannya di tengah kota, namun pengamanan lingkar luar baik dari keamanan laut maupun udara juga kita siapkan alutsista kita,” kata Yudo

AUTHOR / Muhammad Rifandi Fahrezi

TNI-Polri Siap Amankan Gelaran KTT ASEAN Ke-23
Anggota Brimob Polri mengikuti apel gelar pasukan untuk pengamanan KTT ke-43 ASEAN di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (1/9/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

KBR, Jakarta- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan TNI bakal menyiapkan pengamanan maksimal, sepanjang berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asia Tenggara (ASEAN). Kata dia, TNI bakal diperkuat 12 ribu lebih pasukan yang terdiri dari beberapa satuan tugas (Satgas).

“Alutsista (alat utama sistem pertahanan) juga kita siapkan, baik alutsista darat, laut, maupun udara. Walaupun pelaksanaannya di tengah kota, namun pengamanan lingkar luar baik dari keamanan laut maupun udara juga kita siapkan alutsista kita,” kata Yudo setelah Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Yudo mengatakan, alutsista sudah disiapkan di beberapa pangkalan militer, seperti di Kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur untuk udara dan di utara Pulau Jawa juga dilaksanakan pengamanan oleh TNI Angkatan Laut (AL).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyiapkan 6.100 personel lebih kepolisian untuk pengamanan acara KTT yang digelar pada 5 hingga 7 September 2023 di Jakarta.

Sigit menjelaskan, pola pengamanan dibagi di tiga kawasan yakni Pusat, Selatan dan Timur. Nantinya, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan bertanggung jawab di ring 1 dan TNI di ring 2.

“Sementara, kita (Polri) berada di ring 3 ataupun ring tertentu sesuai dengan perintah dari bapak panglima,” ucapnya.

Kapolri menekankan akan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi ancaman. Dia meminta seluruh jajaran TNI dan Polri yang bertugas dapat memahami tanggung jawabnya saat pengamanan KTT ASEAN.

Baca juga:

- Momentum KTT ASEAN 2023: Komitmen Mempercepat Pelaksanaan Transisi Energi

Editor: Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!