NASIONAL

Target Asian Games 2023: Menpora Minta 12 Besar, Presiden Minta 10 Besar.

""Jangan 12-lah, saya minta masuk ke 10 besar. Saya tahu menjadi tuan rumah dan tidak menjadi tuan rumah itu beda, saya tahu.""

Heru Haetami

Asian Games 2023
Presiden Joko Widodo lepas kontingen di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/9/2023). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo berharap Indonesia berada di jajaran 10 besar dalam ajang olahraga Asian Games 2022 Hangzhou, China. Target ini lebih tinggi di atas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menargetkan peringkat 12 besar.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games 2022 Hangzhou, hari ini.

“Meskipun tadi Menteri Pemuda dan Olahraga sudah mengkalkulasi kira-kira akan jatuh rankingnya di ranking 12, buat saya kok jauh banget. Jangan 12 lah, saya minta masuk ke 10 besar. Saya tahu menjadi tuan rumah dan tidak menjadi tuan rumah itu beda, saya tahu. Jadi kembali lagi target saya masuk ke 10 besar, biasanya hitungan saya enggak meleset,” ujar Jokowi dalam upacara pelepasan kontingen di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Pada Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang, kontingen Indonesia mampu menduduki peringkat ke-4. Jokowi berharap, para atlet yang akan bertanding meraih hasil yang maksimal.

“Selamat bertanding. Dan atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menantikan prestasi-prestasi dan emas yang sebanyak-banyaknya bisa kita raih,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dalam laporannya menyampaikan, kontingen Indonesia yang bertanding di Asian Games musim ini berjumlah 576 orang. Terdiri dari 413 atlet, 132 ofisial, dan 28 tim chef de mission.

Kata Dito, 78 atlet dan ofisial sudah berangkat dan pertandingan lebih awal di Hangzhou, 110 atlet dan ofisial masih melaksanakan pemusatan pelatihan di luar negeri, serta 360 lainnya masih berada di Indonesia.

“Rombongan besar akan mulai berangkat pada 21 September 2023,” ujar Dito.

Baca juga:

- SOS: Menang Sepak Bola di SEA Games, Hanya Langkah Awal

- Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Belum Cukup Dewasa

Dito mengatakan, ajang Asian Games ke-19 tahun 2023 merupakan sasaran untuk meraih prestasi di Olimpiade yang menjadi target utama. Atlet Indonesia yang berlaga ditargetkan membawa pulang setidaknya delapan medali emas.

“Kami meminta dukungan dan doa dari segenap bangsa agar Indonesia bisa menjadi pemenang,” katanya.

Cabang-cabang olahraga yang diikuti Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou adalah akuatik, anggar, atletik, angkat besi, bola basket, bulu tangkis, bridge, catur, esports, gulat, jujitsu, karate, dan kurash, menembak, balap sepeda, sport cycling, perahu naga (dragon boat), taekwondo, tenis, triathlon, soft tennis, sepak takraw, dan wushu.

Editor: Fadli

  • Asian Games 2023
  • Kontingen Indonesia
  • Hangzhou

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!