NASIONAL

Target Aksi Penanaman 10 Juta Pohon Hingga Akhir 2023, Baru Tercapai 5 Juta Pohon

"Kita punya target 10 juta pohon pada akhir tahun ini. Tetapi menurut pantauan Kemenko PMK sekarang baru sekitar 5 juta. Karena itu, dengan kehadiran Bapak Kapolri, saya harap betul bisa mempercepat."

AUTHOR / Hoirunnisa

10 juta pohon
Warga memilih bibit pohon gratis di acara program gotong royong boyong pohon di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Foto: ANTARA/Asprilla Dwi A)

KBR, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengajak Polri guna memperkuat gerakan menanam dengan target 10 juta pohon di akhir tahun.

'Aksi Tanam Sepuluh Juta Pohon' dilakukan pemerintah melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Aksi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Platform Global Pengurangan Risiko Bencana ke-7 yang digelar di Bali, 2022 lalu. Ini merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo guna menanggulangi perubahan iklim dan pemanasan global.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan gerakan tanam 10 juta pohon ini dilaksanakan oleh seluruh Kapolda di Indonesia di daerah masing-masing.

Selain itu, para Gubernur menyiapkan puluhan ribu bibit akan di tanam di seluruh Indonesia.

"Kita akan menggerakkan, menggelorakan penanaman pohon seluruh dunia. Dalam rangka untuk mengatasi global warming dan climate changes. Kita punya target 10 juta pohon pada akhir tahun ini. Tetapi menurut pantauan Kemenko PMK sekarang baru sekitar 5 juta. Karena itu, dengan kehadiran Bapak Kapolri, saya harap betul bisa mempercepat," kata Muhadjir Effendy dalam sambutan Penanaman 10 Juta Pohon, di GOR Pangeran Timur, Madiun, Jawa Timur yang dipantau melalui kanal Youtube Kemenko PMK, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan di Madiun itu dihadiri Kapolri Listyo Sigit Prabowo, petinggi TNI, pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, pemerintah Provinsi Jawa Timur, Polda Jawa Timur, wali kota Madiun, bupati Ponorogo, bupati Pacitan, pejabat bupati Nganjuk, pejabat bupati Magetan dan sejumlah pejabat daerah lain.

Baca juga:

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut dukungan Kepolisian Ri diharapkan dapat mempercepat target penanaman 10 juta pohon di akhir tahun 2023. Dari target itu hingga saat ini baru tertanam 5 juta pohon di seluruh Indonesia.

Ia berharap sinergi Polri dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) melalui kegiatan penanaman 10 juta pohon dapat menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas.

Pada 2008, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 yang menyatakan tanggal 28 November sebagai Hari Menanama Pohon Indonesia. Sedangkan bulan Desember dinyatakan sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!