BERITA

Tahun Depan, Pemprov Kaltim Bangun Lapas Anak dan Wanita

Saat ini ada ratusan anak yang ditahan di lapas bergabung dengan orang dewasa.

AUTHOR / Teddy Rumengan

Tahun Depan, Pemprov Kaltim Bangun Lapas Anak dan Wanita
Lapas Anak Palembang,Sumsel. Foto: Antara

KBR, Balikpapan– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan membangun lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus anak dan wanita. Gubernur Kalimantan Timur, Awang Farouk mengatakan, saat ini ada  ratusan anak yang ditahan di lapas bergabung dengan orang dewasa. 


Menurutnya, lapas khusus ini akan dilakukan tahun depan di lahan bekas Rumah Sakit Parikesit Tenggarong.


“Dengan kondisi lapas-lapas di Kalimantan Timur semuanya over kapasitas. Makanya ke depan kita akan berusaha membantu mengatasinya. Termasuk juga membangun Lapas khusus perempuan dan anak-anak,” kata Awang Farouk, Kamis (18/08).


Awang Farouk juga mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten di Kalimantan Timur untuk membangun lapas baru karena kini rata-rata sudah over kapasitas. Ia mengatakan, akan membantu anggaran untuk pembangunan lapas yang baru.


Selain  Lapas, Awang Farouk juga mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten di Kalimantan Timur untuk membangun pusat rehabilitasi khusus narkoba. Alasannya jumlah pengguna di Kalimantan Timur terbilang tinggi dan nomor 2 di Indonesia setelah Jakarta.

Baca juga: Tangkap Pengedar Shabu, BNN Cilacap Dalami Keterlibatan Napi Nusakambangan


Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!