NASIONAL

Sanksi Akan Repotkan Importir Udang Amerika Serikat

Importir Amerika Serikat akan direpotkan jika pemerintah Paman Sam itu menjatuhkan sanksi pada komoditas udang Indonesia.

AUTHOR / Guruh Dwi Riyanto

Sanksi Akan Repotkan Importir Udang Amerika Serikat
udang, dumping, amerika serikat

KBR68H, Jakarta – Importir Amerika Serikat akan direpotkan jika pemerintah Paman Sam itu menjatuhkan sanksi pada komoditas udang Indonesia. Pertengahan bulan ini, Departemen Perdagangan Amerika Serikat akan menuntaskan penyelidikan dugaan dumping impor udang Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan, Sarif Cicip Sutarjo mengatakan, pasokan makanan laut Amerika Serikat masih tergantung pada impor dari luar negeri.

“Kita ini juga dibutuhkan oleh pengimpor meraka karena di Amerika 80% kebutuhan makanan laut itu impor. Jadi, kalau Anda pada potong semuanya, yang rugi Anda sendiri. Inilah yang saya tujukan pada mereka dan ini penting untuk kepentingan pembudidaya atau nelayan,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sarif Cicip Sutarjo di kompleks parlemen.

Sebelumnya, Amerika Serikat menuding pemerintah Indonesia melakukan kecurangan perdagangan dalam impor udang. Kecurangan itu dilakukan dengan memberi subsidi pada produksi udang untuk menurunkan harga. Akibatnya, udang Indonesia memiliki harga lebih kompetitif.

Editor: Suryawijayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!