Article Image

NASIONAL

Saat Bingung Menentukan Pilihan

"Tips Menentukan Pilihan Politikmu di Pemilu 2024"

KBR, Jakarta- Manusia kerap dihadapkan berbagai pilihan. Tapi membuat keputusan itu bukanlah perkara mudah. Terlebih, pilihan itu akan berdampak luas.

Melansir laman Hello Sehat dari Kementerian Kesehatan, secara general ada beberapa tips menentukan pilihan.Yaitu:

1. Buat Keputusan Ketika Fokus

Jangan sekali-kali memutuskan sesuatu dalam kondisi kalut. Seburuk apa pun kondisinya dan sesempit apa pun waktunya, Anda harus berusaha untuk fokus sejenak.

2. Kumpulkan Fakta-Fakta Sebanyak-Banyaknya

Anda tidak dapat membuat keputusan hanya dengan mengandalkan informasi dari satu pihak. Terlebih bila hal tersebut sebatas pendapat tanpa didukung oleh fakta yang lebih kuat.

3. Terbuka Untuk Semua Keinginan

Jangan menutup mata terhadap berbagai fakta yang Anda temukan. Sebaliknya, Anda perlu terbuka untuk semua kemungkinan, termasuk yang tidak Anda sukai sekalipun.

Bagaimana kalau kita mesti memilih calon pemimpin di masa depan. Baik itu calon presiden dan calon anggota legislatif?

Menurut, Psikolog Mutiara Maharini, pemilihan presiden nampaknya adalah keputusan berat. Kenapa? Karena pilihan kita di 14 Februari 2024 nanti, bakal menentukan masa depan bangsa.

Tapi selama mengambil keputusan ada istilah mental shortcut, dimana ada kecenderungan orang-orang memilih berdasarkan apa yang dialaminya sehari-hari.

"Nah banyak banget keputusan-keputusan buat tuh secara otomatis, ataupun nggak sadar, dan ini kita lakuin sebenarnya survival aja. Berdasarkan pengalaman kita aja, oh dulu, kalau misalnya naik motor lebih cepat. Ya udah kita nggak pakai mikir lagi, hari itu kita naik motor gitu kan," kata Mahari.

Baca juga:

Terlalu Lelah Tuk Ambil Keputusan

Biar tak Mencinta Secara Obsesif

SIAPIN MENTAL BUAT BERLIBUR UNTUK TANGKAL HOLIDAY BLUES

Kalau kata Writer Polarisasi Musikal, Bintang Pradana, milih pemimpin itu tidak seperti memilih jalan. Kenapa? Karena pemilihan calon pemimpin bangsa itu gak setiap hari dilakukan dan akan berpengaruh pada masa depan bangsa dan masyarakat.

"Itu nggak setiap hari, memilih pemimpin 5 tahun sekali, dan itu dampaknya bahkan bisa 5-10 tahun gitu. Tapi kalau dari gue sendiri, yang mendorong seseorang bisa bikin keputusan rasional itu, yang pertama itu orang yang harus punya inner curiousity. Kedua itu ada informan, dan menurut gue, kita terlahir sama siapa? Di lingkungan seperti apa? Kita juga harus ngelihat di didik di lingkungan seperti apa?"

Tapi gimana sih cara memilih pemimpin, tapi gak bikin pusing? Yuk dengarkan podcast Disko (Diskusi Psikologi) episode Saat Bingung Menentukan Pilihan bareng Psikolog Mutiara Maharini dan Writer Polarisasi Musikal, Bintang Pradana di link berikut ini: