BERITA

Rumah Sakit Mulai Dipadati Para Caleg Stress

KBR68H, Jayapura

AUTHOR / Katharina Lita

Rumah Sakit Mulai Dipadati Para Caleg Stress
caleg, stress, papua

KBR68H, Jayapura – Rumah Sakit Jiwa Abepura, Papua dibanjiri para Calon Legislatif (Caleg) stress. 


Setiap harinya, rumah sakit jiwa satu-satunya di tanah Papua tersebut menerima 20 hingga 25 pasien rawat jalan. Jumlah tersebut meningkat pasca pemilihan umum legislatif yang digelar (9/4).


Direktur RS Jiwa Abepura, Samo Adi mengatakan, sebelum Pileg, jumlah pasien berobat hanya sekitar 15 orang setiap hari. Namun jumlah tersebut meningkat setelah pelaksanaan Pileg.


Para Caleg yang berobat rata-rata masih dalam kondisi stress dan belum mengidap gangguan jiwa.


“Dari pengalaman yang sudah kami diagnosa, para pasien yang datang ini hanya stress dan tidak mengalami gangguan jiwa. Stress adalah reaksi normal terhadap suatu stressor. Kita semua tiap hari stress, sama dengan mereka. Bukan gangguan jiwa,” ujar Sarmo Adi.


Samo Adi menambahkan tenaga medis dan psikiater dalam pengobatan pasien stress di rumah sakit tersebut juga minim. Saat ini hanya ada satu psikiater dan tidak lebih dari 40 tenaga perawat yang bertugas di RS Jiwa Abepura. Selain tenaga medis yang minim, rumah sakit ini juga kekurangan ruang rawat inap. Saat ini hanya terdapat 50 tempat tidur, dengan jumlah pasien rawat inap hampir 90 orang. Pihak rumah sakit bahkan harus mengubah apotik menjadi ruang rawat inap. 



Editor: Luviana


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!