NASIONAL

Ribuan KPS Bakal Dikembalikan ke Warga Miskin

Pemerintah memastikan 5600 Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang ditarik akan dikembalikan lagi ke warga miskin yang berhak menerima di wilayah tersebut.

AUTHOR / muhammad Irham

Ribuan KPS Bakal Dikembalikan ke Warga Miskin
penyimpangan, Kartu Perlindungan Sosial

KBR68H, Jakarta - Pemerintah memastikan 5600 Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang ditarik akan dikembalikan lagi ke warga miskin yang berhak menerima  di wilayah tersebut.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Andi Z.A Dulung mengaku telah mengeluarkan instruksi kepada pemerintah daerah untuk memberikan KPS kepada orang yang tepat. Kata dia, penarikan KPS masih terus berlangsung, karena penerimanya kemungkinan tidak merasa bagian dari warga miskin, lantaran sudah ada peningkatan ekonomi.

"Jadi, nanti lurah, RT/RW, kepala desa dan sebagainya, itu sudah dapat instruksi dari Mendagri. Ini berdasarkan partisipate, jadi dari bawah. Gantinya itu. Sejarah data ini, 2011, itu juga diambil dengan cara partisipate. Jadi yang dulu-dulu, 2005, 2008, itu data yang diambil dari aparat," ungkap Andi di program Sarapan Pagi KBR68H.

Sebelumnya, Pemerintah menarik kembali 5.600 Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dari 10 juta penerimanya. KPS tersebut ditarik karena adanya perubahan data warga miskin, salah kirim, dan salah alamat. Warga yang akan menerima pengalihan KPS ini ditentukan dengan musyawarah di tingkat desa atau kelurahan.

Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!