NASIONAL

Ribuan Jemaah Haji Diterbangkan dari Arab Saudi ke Tanah Air

Ada 14 kelompok terbang (kloter) jemaah haji gelombang pertama yang akan diterbangkan menuju Indonesia.

AUTHOR / Hoirunnisa, Ardhi Ridwansyah

Ribuan Jemaah Haji Diterbangkan ke Tanah Air dari Arab Saudi
Ilustrasi: kedatangan jemaah haji. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Ribuan jemaah haji asal Indonesia akan diterbangkan menuju tanah air, dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Kamis, 6 Juli 2023.

Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin menyebut, akan ada 14 kelompok terbang (kloter) jemaah haji gelombang pertama yang akan diterbangkan menuju Indonesia.

Kata dia, per Rabu, 5 Juli 2023, pelaksanaan haji memasuki hari ke-44.

"Jemaah dan petugas yang diberangkatkan ke tanah air pada besok, 6 Juli 2023 berjumlah 6.592 orang atau 14 kelompok. Pemerintah terus mengingatkan jemaah yang kembali ke tanah air agar mematuhi ketentuan barang bawaan yang akan dibawa dalam kopernya sesuai aturan penerbangan," jelas Kepala Biro Humas Data dan Informasi, Akhmad Fauzin pada konferensi pers penyelenggaraan haji, Kamis, (5/7/2023).

Kepala Biro Humas Data dan Informasi, Akhmad Fauzin berharap jemaah menaati aturan penerbangan dengan tidak membawa barang terlarang demi kelancaran penerbangan.

Ia mengatakan, jemaah Indonesia akan memperoleh 10 liter air zamzam, yang akan diterima setelah tiba di asrama haji. Masing-masing jemaah mendapat lima liter terlebih dahulu, sisanya akan diberikan kemudian.

Jumlah Jemaah Haji dan Kuota Tambahan

Tahun ini, Indonesia mendapat alokasi kuota 221.000 jemaah haji. Jumlah ini terdiri dari 203.320 kuota jemaah haji reguler, dan 17.680 kuota jemaah haji khusus.

Namun, kuota haji reguler yang didapatkan Indonesia bertambah 8 ribu pada 2023. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan kuota tambahan itu diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi.

“Artinya kuota jemaah haji regular mendapat kuota tambahan sebanyak 8 ribu orang kuota tambahan jemaah haji regular tersebut akan diperuntukkan bagi jemaah haji daftar tunggu nomor urut berikutnya,” kata Yaqut saat rapat kerja dengan Komisi Keagamaan DPR-RI, Rabu, (17/5/2023).

Berdasar data yang dipaparkan menag, pada sistem e-Hajj per 15 Mei 2023 kuota haji Indonesia berjumlah 229 ribu orang. Rinciannya, 211.320 jemaah haji regular, dan 17.680 jemaah haji khusus.

Baca juga:

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!