NASIONAL

Resmikan Pasar Induk Among Tani, Jokowi: Terbesar

"Pasar Among Tani ini bisa menampung 2700 kios dan los"

AUTHOR / Heru Haetami

Peresmian Pasar Induk Among Tani
Presiden Jokowi meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, Jatim, Kamis (14/12/23). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, hari ini. Jokowi menyebut, pasar yang dibangun sejak 2021 menampung 2700 kios dan bisa dimanfaatkan oleh para pedagang untuk berjualan kembali.

"Pasar Among Tani ini bisa menampung 2700 kios dan los yang bisa semuanya digunakan untuk berdagang baik di zona basah, di zona kering, maupun di zona makanan dan kuliner," kata Jokowi di Batu Malang, Kamis (14/12/2023).

Jokowi menyebut, Among tani menjadi pasar induk terbesar di tanah air. Pasar ini menempati lahan 3,4 hektare dengan gedung megah berlantai tiga.

"Saya tadi sepintas masuk ditata kiosnya sangat bagus, ditata losnya juga sangat bagus, untuk kuliner dan makanan juga disendirikan. Ini akan menjadi pasar yang bersih, pasar yang tertata rapi, tempat parkirnya juga sangat luas. Sehingga kita harapkan pedagang semakin laris semakin sejahtera," katanya.

Baca juga:

Dikutip dari situs Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pasar Induk Among Tani dibangun melalui pendanaan APBN tahun 2021-2023 senilai Rp166,7 miliar. Pasar terdiri dari lantai 1 sebagai zona basah, lantai 2 sebagai zona kering, dan lantai 3 sebagai zona makanan dan kuliner.

Pasar memiliki daya tampung sebanyak 2630 unit meliputi 1.716 unit kios dan 914 los. Bangunan pasar dengan tinggi  3 lantai dengan  total luas mencapai  34.041 m2.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!