BERITA

Ratusan Mahasiswa Dibantai Kelompol Shebab di Somalia

Korban tewas mencapai 147 orang dan 79 lainnya mengalami cedera

AUTHOR / Eli Kamilah

Ratusan Mahasiswa Dibantai Kelompol Shebab di Somalia
ilustrasi

KBR - Sebanyak 147 mahasiswa dibantai ketika kelompok Shebab Islam Somalia menyerang sebuah universitas Kenya, Kamis (2/4/2015). Pejabat pemerintah Kenya dan sejumlah saksi mata mengatakan serangan ke kampus Universitas Garissa di Kenya berakhir setelah aparat keamanan membunuh empat orang bersenjata. 

Korban tewas mencapai 147 orang dan 79 lainnya mengalami cedera. Di antara korban cedera, sembilan orang diterbangkan ke Ibu Kota Nairobi untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Adapun sebanyak 587 mahasiswa mampu meloloskan diri. 

Para penyerang dilaporkan memakai senapan AK-47 dan mengenakan rompi berisi bahan peledak. Akibat serangan itu, pemerintah Kenya memberlakukan jam malam di empat distrik dekat perbatasan Kenya-Somalia yang mencakup Garissa, Wajir, Mandera, dan Tana River. 

Serangan tersebut merupakan serangan terburuk di Kenya sejak pemboman 1998 ke kedutaan besar AS di Nairobi oleh Al-Qaeda, 213 orang tewas akibat bom truk besar. 

Serangan hari Kamis diklaim oleh pejuang Shebab Al-Qaeda, pemberontak yang sama yang melakukan pembantaian di pusat perbelanjaan Westgate di Nairobi pada September 2013, ketika empat orang bersenjata menewaskan sedikitnya 67 orang dalam pengepungan empat hari. (Channel News Asia/BBC) 

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!