NASIONAL

PUKAT UGM : Syarif Hasan Bisa Terjerat Kasus Videotron

KBR68H, Jakarta - Kejaksaan Tinggi DKI menolak untuk berkomentar soal penetapan tersangka Riefan Avrian dalam dugaan korupsi pengadaan videotron sebesar Rp 23 milliar.

AUTHOR / Ade Irmansyah dan Gungun Gunawan

PUKAT UGM : Syarif Hasan Bisa Terjerat  Kasus Videotron
Rievan, Syarif Hasan, Kasus Videotron


KBR68H, Jakarta - Kejaksaan Tinggi DKI menolak untuk berkomentar soal penetapan tersangka  Riefan Avrian dalam dugaan korupsi pengadaan videotron sebesar Rp 23 milliar. Riefan merupakan Anak Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan. Nama Riefan disebut dalam surat dakwaan terdakwa Hendra Saputra yang merupakan Direktur PT Imaji Media. 


Ketika dihubungi, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Firdaus Delwimar menyebut kasus itu ditangani oleh Aspidsus Kejati DKI, Ida Bagus Wismantanu. Sementara ketika dikonfirmasi, nomer ponsel Ida tidak aktif.  Kajati DKI Adi Toegarisman juga tidak menjawab sambungan telepon untuk dikonfirmasi.

"Bisa wawancara sebentar pak? mengenai apa. Soal kasus Videotron. Kasus Videotron itu bukan ditempat saya dan bukan wewenang saya, itu wewenang Aspidsus. Itu di Aspidsus. Tapi dia sudah pulang ke Bali itu. Nanti mungkin saya bisa konfirmasi via telepon pak, iya nanti saya coba untuk cari yah," ujarnya kepada KBR68H saat dikonfirmasi (17/4).

Dalam kasus ini, selain Hendra Saputra kejaksaan telah menetapkan 2 orang lainnya menjadi tersangka. Mereka adalah Hasnawi Bachtiar selaku pejabat pembuat komitmen (PPK), serta Kasiyadi selaku Anggota Panitia Lelang. Hasnawi diketahui telah meninggal saat mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada 18 Maret 2014. Sementara Kasiyadi meski sudah dicekal namun hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Sementara itu, Peneliti korupsi dari Pukat UGM meminta Kejaksaan Tinggi DKI memeriksa Menteri Ekonomi Koperasi dan UKM Syarief Hasan terkait dugaan korupsi pengadaan videotron. Peneliti Pukat UGM Hifdzil Alim mengatakan, hal itu perlu dilakukan menyusul disebutnya nama Riefan Avrian dalam dakwaan terdakwa. Riefan merupakan putra dari Syarief Hasan. Kasus korupsi yang melibatkan keluarga kata Hifdzil, kerap terjadi baik di lembaga eksekutif maupun legislatif.

"Saya mau bilang dua hal. Dalam kasus Zulkarnain Jabar dulu yang pertama diperiksa pertama anaknya lalu ternyata bapaknyaterjerat. Terus dalam kasus Atut juga yang pertama diperiksa adalah adknya lalu Atut terbukti terlibat. Nah dalam kasus Videotron ini, bisa jadi SH juga kena. Tapi itu mesti ditelusuri lagi," kata Hifdzil Alim saat dihubungi KBR68H (17/4).

Sebelumnya nama anak Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Riefan Avrian, disebut-sebut dalam surat dakwaan kasus pengadaan videotron di Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM). Riefan didakwa bersama dengan terdakwa Direktur PT Imaji Media, Hendra Saputra. Dalam dakwaannya, jaksa menyebut Riefan menunjuk Hendra yang berprofesi sebagai sopir dan pesuruh di kantornya sebagai Direktur PT Imaji Media demi memenangkan lelang proyek pengadaan videotron di Kemenkop dan UKM.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!