NASIONAL

Puan Temui Cak Imin, PKB Dukung Ganjar?

Puan Maharani menambahkan, tidak ada syarat tertentu bila PKB ingin berkoalisi dengan PDIP. Khususnya, untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bacapres

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah, Heru Haetami

Puan bertemu Cak Imin
Puan Maharani (dua kanan) menyambangi kediaman Muhaimin Iskandar (tengah) di Kompleks Widya Chandra, Jaksel, (27/7/2023). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

KBR, Jakarta- Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menyebut, partainya terbuka jika PKB ingin bergabung pada poros PDIP dalam pemilihan presiden (pilpres) pada pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Puan usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, 27 Juli 2023.

Keduanya yang juga merupakan pimpinan DPR RI, bertemu di rumah dinas Cak Imin, kawasan Widya Chandra, Jakarta.

"Ya kalau buat PDI Perjuangan kami membuka pintu. Kami akan selalu bersilaturahmi namun saling menghormati dan menghargai terkait dengan apa-apa yang pernah dilakukan atau dijalani oleh semua partai. Karena semua partai itu pasti mempunyai strategi punya target, punya visi dan cita-cita. Jadi saling menghargai, menghormati tanpa kemudian adanya tembok-tembok namun semua bisa dibicarakan secara terbuka dan santai. Itu akan menjadi sangat penting buat PDI Perjuangan," kata Puan, Kamis (27/7/2023).

Puan Maharani menambahkan, tidak ada syarat tertentu bila PKB ingin berkoalisi dengan PDIP. Khususnya, untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bacapres yang diusung partai berlambang banteng tersbeut.

Puan juga menegaskan, bahwa nama Cak Imin sebagai salah satu orang yang berpotensi mengisi posisi bacawapres mendampingi Ganjar merupakan hal yang serius.

Lapor Prabowo


Usai pertemuan tersebut, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan bila ada titik temu antara PKB dan PDIP, maka dirinya akan melapor ke Prabowo.

“Bagi saya kebersamaan dengan PDIP itu ibaratnya akan terus terbuka, cair, dan seperti keluarga sendiri. Sehingga jika toh nanti ada titik temu baru antara PDIP dan PKB, tentu saya akan bicarakan dengan Pak Prabowo, kapan dan bagaimana misalnya,” kata Cak Imin.

Hingga kini, lanjut Cak Imin, hubungan PKB dan PDIP tengah berproses dan berdinamika. Bila nanti ada sesuatu yang serius antara PKB dan PDIP maka akan berkonsultasi dengan Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra, pihak yang berkoalisi dengan PKB.

“Tapi sejauh ini Pak Prabowo pasti akan menjadi tempat kita berkonsultasilah tempat PKB mengambil sikap,” ujar Cak Imin.

Adapun lima kandidat Cawapres Ganjar itu selain Cak Imin ada Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Baca juga:


- Perkuat Kemenangan Capres Ganjar, PDIP Bentuk Tim Khusus

- Sah, Perindo Merapat ke PDIP Dukung Pemenangan Ganjar

Editor:
Resky Novianto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!