BERITA

Presentase Caleg Perempuan PPP Paling Tinggi

KBR, Jakarta - Calon legislatif perempuan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendominasi jumlah caleg perempuan yang lolos sebagai anggota DPR. Yakni 10 orang caleg atau 25 persen, dari 39 caleg yang lolos.

AUTHOR / Aisyah Chairunisa

Presentase Caleg Perempuan PPP Paling Tinggi
Caleg Perempuan, PPP, perludem

KBR, Jakarta - Calon legislatif perempuan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendominasi jumlah caleg perempuan yang lolos sebagai anggota DPR. Yakni 10 orang caleg atau 25 persen, dari 39 caleg yang lolos.  (Baca: Parpol Masih Menilai Perempuan Sulit Berkompetisi di Ranah Politik)

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraeni mengatakan, jumlah caleg PPP yang lolos ke Senayan lebih banyak dibanding partai pemenang pemilu legislatif PDIP,yang hanya 21 persen.

"Semua dibawah 30%. Kalau di data saya kan total semua 97 caleg perempuan dari 560 anggota DPR terpilh. Dari sisi jumlah memang jelas PDIP. Kalau paling kecil PKS. Tapi kalau dari presentase total caleg terpilih memang PPP yang paling tinggi perempuannya yaitu 25,64%," kata Titi kepada KBR (17/7).

Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni menambahkan, PKS memiliki presentasi perempuan yang paling kecil. Dari 40 caleg yang lolos ke DPR, hanya satu yang perempuan. Caleg PKS hanya punya 1 caleg perempuan dari 40 caleg yang blolos ke DPR.

Jumlah caleg perempuan yang bakal mewakili rakyat di Senayan hingga lima tahun mendatang hanya 97 orang. Angka ini menurun 1 persen dari komposisi anggota DPR 2009.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!