NASIONAL

Prabowo-Gibran Bahas Formasi Kabinet di Hambalang?

Kemungkinan Prabowo dan Gibran juga saling membicarakan hal-hal kebangsaan lain.

AUTHOR / Astry Yuana Sari

EDITOR / Sindu

Prabowo-Gibran Bahas Formasi Kabinet di Hambalang?
Ilustrasi: Poster Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming membahas formasi kabinet saat bertemu empat mata di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 08 Juni 2024.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman lewat video singkat yang diterima KBR, Minggu, 09 Juni 2024.

"Tidak diinformasikan detail apa isi pertemuan. Tapi, biasanya kalau Pak Prabowo dengan Mas Gibran bertemu, apalagi empat mata, tentu membahas soal bangsa dan negara. Banyak hal mungkin terkait sudah semakin dekatnya waktu pelantikan, tentu akan juga lebih ke soal format dan formasi kabinet seperti apa, ya, mungkin saja dibicarakan," kata Habiburokhman dalam video singkat yang diterima KBR, Minggu, (9/6/2024).

Habiburokhman menambahkan, kemungkinan Prabowo dan Gibran juga saling membicarakan hal-hal kebangsaan lain.

Dalam Instagram pribadinya, Prabowo membagikan foto bertemu Gibran di sebuah ruangan perpustakaan, Sabtu, (8/6). Dengan keterangan "Sabtu sore di Padepokan Garudayaksa, bertukar pikiran ditemani kopi Hambalang bersama Wakil Presiden terpilih @gibran_rakabuming."

Pemenang Pilpres 2024 dan Koalisi

Sebelumnya, KPU telah menetapkan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024, Rabu, 24 April 2024.

Penetapan KPU dilakukan tiga hari setelah Mahkamah Konstitusi menolak permohonan gugatan sengketa pemilu yang diajukan pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo-Gibran diusung partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju, berisi Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, serta beberapa partai non-parlemen di antaranya Partai Bulan Bintang (PBB), Gelora, PSI, dan Garuda.

Selepas Prabowo-Gibran ditetapkan pemenang Pilpres 2024, Partai Nasdem dan PKB menyatakan bakal bergabung ke koalisi. Pun dengan PPP, yang gagal mendapat jatah kursi di DPR RI.

Baca juga:

Parlemen Dikuasai Koalisi Pendukung Prabowo, Formappi: Terpaksa Fungsi Kontrol Jadi Milik Publik

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!