NUSANTARA

Polisi: Ledakan Tungku Smelter di Morowali Diduga karena Pelanggaran SOP

"Kapolda Sulawesi Tengah Agus Nugroho mengatakan dari pemeriksaan saksi dan olah TKP, polisi menduga ada pelanggaran SOP."

Aldrimslit Thalara

Polisi: Ledakan Tungku Smelter di Morowali Diduga karena Pelanggaran SOP
Kapolda Sulawesi Tengah Agus Nugroho. (Foto: KBR/Aldrim Thalara)

KBR, Palu - Polda Sulawesi Tengah memeriksa 27 saksi terkait ledakan di tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS). Saksi yang diperiksa berasal dari manajemen, pekerja sampai korban yang dapat berkomunikasi.

Kapolda Sulawesi Tengah Agus Nugroho mengatakan dari pemeriksaan saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menduga ada pelanggaran prosedur operasi standar.

Polda Sulawesi Tengah akan melakukan gelar perkara terkait kasus meledaknya tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

"Beberapa langkah yang sudah kita lakukan, di samping kita sudah melakukan pengamanan tkp, dalam penyelidikan kita sudah melakukan pemeriksaan kepada 27 saksi," kata Agus Nugroho di Mapolda Sulawesi Tengah, Palu, Selasa (2/1/2024) siang.

Baca juga:


Dalam keterangannya pada wartawan, Kapolda Sulawesi Tengah Agus Nugroho menjelaskan ada dugaan kelalaian penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Mudah-mudahan ada (tersangka), karena dari penyelidikan patut diduga ada beberapa SOP dilanggar. Dari sisi petugasnya, dari sisi metodenya, dari sisi pengambilan keputusan yang harus diambil oleh manajemen. Oleh pihak yang bertanggungjawab terhadap pekerjanya. Tapi itu nanti setelah ada gelar perkara," kata Agus Nugroho.

Tungku smelter yang meledak pada minggu 24 desember lalu merupakan milik PT ITSS. Perusahaan ini merupakan salah satu tenant atau penyewa di dalam kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Pihak perusahaan pun telah menyalurkan dana kompensasi ke pekerja yang menjadi korban.

Data dari Polda Sulawesi Tengah, total ada 59 yang menjadi korban dari kejadian itu. Sebanyak 20 pekerja di antaranya meninggal.

Editor: Agus Luqman

  • smelter
  • PT ITSS
  • Morowali
  • ledakan
  • tungku smelter

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!