NASIONAL

PMI Gandeng Gereja Kepul Darah untuk Ramadhan

KBR, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat bakal menggandeng puluhan gereja se-Indonesia untuk melakukan donor darah saat bulan Ramadhan. Kegiatan itu dilakukan untuk menjaga pasokan darah nasional tetap tercukupi.

AUTHOR / Aisyah Kharunnisa

PMI Gandeng Gereja Kepul Darah untuk Ramadhan
donor, darah, pmi, ibu, gereja

KBR, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat bakal menggandeng puluhan gereja se-Indonesia untuk melakukan donor darah saat bulan Ramadhan. Kepala Bidang Penyediaan Darah PMI Pusat, Ulfa Suryani mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk menjaga pasokan darah nasional tetap tercukupi. Selanjutnya kantong darah itu akan disalurkan ke Unit Gawat Darurat di daerah lain.

"Kebetulan kita sudah kerja sama dengan beberapa persatuan gereja. Jadi ada 30 gereja yang akan mengadakan donor darah. Dan kita akan berikan itu ke UGD-UGD daerah lain," kata Ulfa Suryani, Sabtu (14/6).

Sejak tahun 2005 lalu setiap tanggal 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia (HDDS). Ini merupakan gerakan untuk menarik sukarelawan baru dalam mendonorkan darah. Peringatan ini juga bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada semua pendonor darah di seluruh dunia yang secara rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. tanggal 14 Juni dipilih bertepatan dengan hari lahir Karl Landsteiner, pemenang Nobel yang menemukan sistem golongan darah ABO.


Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!